AMUNTAI, Metro7.co.id – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan gladi di Lapangan Pahlawan Amuntai.

Gladi itu dilakukan sebagai upaya pemantapan kepada Paskibraka HSU pada upacara peringatan 17 Agustus yang akan digelar pemerintah kabupaten setempat.

Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Kesbangpol Kabupaten HSU Ahmad Mawari, Selasa (15/8/2023) mengatakan, bahwa Paskibraka HSU melaksanakan gladi kotor. Pada kegiatan melibatkan komandan upacara, perwira upacara, dan pembawa acara serta pihak yang berperan penting pada pelaksanaan upacara nanti.

Ia membeberkan, dalam gladi kotor ini ada dua kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari kenaikkan bendera dan penurunan bendera.

“Penaikan bendera pada gladi kotor ini dilakukan pihak Kodim HSU, sementara penurunan bendera oleh pihak Polres HSU,” ujarnya.

Digelarnya gladi kotor dan kemudian gladi bersih dapat memantapkan Paskibra HSU pada pelaksanaan peringatan hari Proklamasi, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

“Semoga dengan pelaksanaan gladi kotor dan bersih ini, Upacara Peringatan HUT RI ke-78 berjalan sukses” pungkasnya.

Diketahui, upacara peringatan 17 Agustus tahun 2023 tingkat Kabupaten HSU akan digelar di Lapangan Pahlawan Amuntai, yang akan melibatkan Paskibraka terdiri dari 25 anggota, dan pasukan pengawal sebanyak 5 orang. Sedangkan paduan suara melibatkan 100 siswa dari SMKN 1 Amuntai, SMKN 2 Amuntai, dan SMAN 1 Amuntai. *