TANJUNG, metro7.co.id – Guna menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tabalong gelar bersih-bersih di beberapa lingkungan Masjid yang ada Bumi Saraba Kawa hingga Tanjung Expo Center, pada Jumat (4/8/2023).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kabupaten Tabalong Hipni Rosadi mengungkapkan kegiatan tersebut dilakukan serempak se Indonesia, sesuai instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII dalam rangka memperingati HUT RI Ke-78.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT RI Ke-78 kemerdekaan RI dan untuk meningkatkan semangat nasionalisme, gotong royong, kebersamaan serta menggemakan rencana Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII 2023,” ujarnya.

“Instruksi DPP LDII tersebut ditujukan kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), pondok pesantren dan sekolah di lingkungan LDII provinsi di seluruh Indonesia beserta jajaran, untuk melaksanakan kegiatan Kerja bakti nasional LDII bertema ‘kerja bersama bakti untuk negeri,’ yang digelar serempak hari,” timpalnya.

Khusus untuk DPD LDII Tabalong, ia mengungkapkan kerja bakti dilakukan di dua tempat, yakni di sekitar masjid Baitul Mukhlisin Desa Padang Panjang, dimulai sejak pukul 05:30 sampai 06:30 Wita dengan melakukan pembersihan di dalam masjid dan sekitar lingkungan masjid, dan mulai pukul 07:00 sampai pukul 09:00 Wita, kerja bakti dilakukan di Tanjung Expo Center dan sekitarnya.

Untuk kerja bakti di Tanjung Expo Center, warga LDII juga dibantu oleh beberapa personil dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong selaku leading sector yang mengelola Tanjung Expo Center.

Sementara itu, Kepala Dinas Kop,UKM,Perindag Tabalong, Syam’ani mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya menghadirkan 30 orang untuk bergabung dengan warga LDII melakukan kerja bakti. Selain itu, dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga turut membantu mengangkut sampah yang terkumpul untuk dibawa ke TPA.

“Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap Kerja Bakti yang telah dilaksanakan oleh LDII Tabalong, sebab ini sejalan dengan tekad kita bersama menjadikan Kabupaten Tabalong bersih dan hijau,” terang Syam’ani.

Syam’ani menambahkan, Tanjung Expo Center merupakan fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat untuk kegiatan-kegiatan berkumpul yang perlu terus dijaga kebersihan lingkungannya, dan yang paling penting adalah bisa memberikan kesadaran terhadap masyarakat supaya bisa menjaga kebersihan lingkungan. ***