KANDANGAN, metro7.co.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Hulu Sungai Selatan (HSS) yang dipimpin Ketua Rais Syuriah Guru H Khairani, didampingi Ketua Tanfidziyah Guru Diny Mahdani beserta Sekretaris, Ketua PMII dan GP Anshor, beraudiensi ke Kantor Bupati.

Bertempat di ruang kerjanya, Bupati HSS Achmad Fikry, didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad menyambut hangat PCNU HSS dan jajarannya. Senin (21/09/2020).

Audiensi ini dilakukan guna mempererat tali silaturahmi antara PCNU dengan pemkab HSS.

Diny Mahdani selaku Ketua PCNU HSS mengatakan kedatangannya dan jajaran menemui Bupati HSS adalah untuk menyampaikan program kerja PCNU HSS masa khidmat 2020-2025.

Guru Diny pun mengatakan beberapa program kerja yang telah dan akan dilakukan oleh PCNU HSS diantaranya merekonsialiasi badan-badan otonom NU di HSS.

“Dalam waktu dekat insya Allah akan kita adakan pelatihan kepepimpinan dasar untuk GP Ansor/Banser, karena antusias masyarakat untuk ikut bergabung dengan GP Ansor/Banser cukup besar” kata Guru Diny.

Dilanjutkan Guru Diny, mereka berkomitmen melalui GP Ansor/Banser ini untuk terus melakukan pengawalan para ulama. Selain itu ada juga posisi badan otonom lainnya seperti PMII akan terus dioptimalkan atau lebih dihidupkan lagi.

Selanjutnya direncanakan pula untuk membangun komplek Nahdlatul Ulama dan telah dikonsultasikan sebelumnya dengan para tuan guru seperti Guru Kapuh dan Guru Syairazi.

“Atas saran para tuan guru tersebut disepakati penyebutannya dengan istilah Markas Tarbiyah dan Dakwah. Nanti program-programnya akan menyisir bidang-bidang keagamaan yang masih kosong seperti Pesantren Lansia,” ujarnya.

Ditambahkannya lagi bahwa target dari program tersebut adalah para orang tua yang sudah pasca pensiun yang mungkin waktu hidupnya terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga bagian keagamaannya untuk sejahtera di akhirat belum terpikirkan.

Sementara itu Bupati HSS mengatakan pihaknya siap mendukung dan memfasilitasi segala kegiatan PCNU Kab. HSS.

“Posisi pemerintah pada tahap memfasilitasi, dengan catatan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan telah dikordinasikan atau disampaikan lebih dulu pada pemerintah sebagai informasi awal,” kata Bupati.

Bupati juga meminta agar program PCNU yang bersifat teknis bisa berkordinasi dengan dinas terkait yang membidangi agar sinergisitas program bisa terjalin.

Sedangkan Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad meminta agar NU ikut berperan dalam penguatan ekonomi masyarakat. Menurut Wabup banyak orang-orang NU yang saat ini punya jabatan dikementrian atau lembaga lainya.

“Mungkin kedekatan kelembagaan sesama kader NU ini bisa dimanfaatkan untuk menarik dana atau bantuan berbagai pihak untuk pengentasan kemiskinan di HSS,” ungkap Wabup. *