TANJUNG, metro7.co.id – Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong tanam puluhan ribu pohon di pinggir jalan Nan Sarunai.

Diketahui penanaman puluhan ribu pohon tersebut ditanam secara simbolis yang di pimpin oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani beserta unsur Forkopimda dan Kepala SKPD.

“Sementara jumlah pohon yang kita tanam berjumlah 525 batang untuk pohon peneduh sedangkan untuk buahnya sebanyak 1.500 batang, dan ada 8.785 pohon tanaman hias,” ujar Kepala DLH, Selamet Riyadi kepada media, pada Senin (12/6/2023) di lokasi penanaman.

Selamet menyampaikan terkait pohon yang ditanam tersebut nanti hasilnya bisa dinikamti masyarakat pada umumnya. “Buahnya silahkan masyarakat bisa menikmati bebas,” ujarnya.

Kedepannya ia mengharapkan sepanjang jalan yang di tanami dalam kurung waktu sekitar 2 tahun sudah mampu menghijaukan sepanjang area jalan dan masyarakat juga bisa dapat memelihara.

“Semoga 2 tahun akan datang sudah hijau semua dan diharapkan semua masyarakat bisa dapat memelihara yang sudah di bangun oleh pemerintah,” harapnya.

Adapun pohon buah-buahan yang ditanam tersebut diketahui suport dari Kesatuan Perlindungan Hutan (KPH) Tablong sebanyak 1.500 batang.

Sementara itu, Kasi Perlindungan Hutan, Aris Setiawan menjelaskan bahwa bibit pohon yang ditanam tersebut adalah bibit buah produktif yang didapat dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDSA) Barito.

“Kami suport bibit untuk penanaman kiri kanan jalann nan sarunai berupa bibit buah produktif dengan jenis Jambu kristal, Kelengkeng, Durian, Jeruk, Alpukat, Jambu air dan Mangga,” jelasnya. *