Tanjung—Sebagai upaya mengembangkan energi terbarukan yang ramah lingkungan, PT Pertamina EP Tanjung Field menerapkan konservasi energi di lingkungan kerja operasional dan Kompleks Pertamina. Setelah sebelumnya menerapkan tiga lampu penerangan dengan tenaga surya atau disebut juga dengan solar cell di lokasi sumur injeksi EOR T.35i, tahun ini Pertamina EP Tanjung menambah 10 lampu penerangan jalan dengan tenaga solar cell.
Sepuluh unit lampu penerangan jalan ini dipasang di jalan utama menuju area terbuka hijau dan tempat bermain Taman 10 K yang masih di kawasan Kompleks Pertamina Murung Pudak. Lampu dengan papan panel tenaga surya di bagian atas lampu ini mulai dipasang pada bulan Agustus lalu.
Pemasangan dan setting lampu membutuhkan waktu selama beberapa pekan. Seluruh unit lampu solar cell bantuan dari CSR Pertamina EP Tanjung kemudian dilakukan uji coba kelayakannya. Setelah terpasang selama hampir sebulan, seluruh lampu solar cell dinyatakan lulus uji dan siap menerangi jalan utama penghubung berbagai Kelurahan dan Desa di Kecamatan Murung Pudak.
  “Lampu ini sebagai fasilitas pendukung pelaksanaan program-program CSR Pertamina EP Tanjung, sekaligus sarana edukasi ke masyarakat bahwa nyala lampu tidak hanya menggunakan energi listrik saja. Sehingga lampu solar cell ini bisa sebagai media pengenalan ke masyarakat mengenai manfaat lain tenaga surya yang dapat dijadikan sebagai lampu penerangan,” terang Himawan Djatmiko selaku Legal&Relation Assistant Manager Pertamina EP Tanjung Field.
 Menurut CSR Staff Pertamina EP Tanjung Field, Zuraida, lokasi pemasangan lampu solar cell sengaja dipilih di jalan utama melewati kawasan CSR binaan Pertamina EP Tanjung Field. Tujuannya agar terintegrasi dengan konsep go green di area terpadu Green House Hidroponik Sayur dan Buah, ruang terbuka hijau sekaligus taman bermain di Taman 10 K, serta Lapangan Bola Bapor. (humas/zr)