Paringin — Sustainable clean water program yang dilakukan PT Adaro Indonesia mendapat penghargaan Best Environmental Excellence pada Global CSR Awards 2013 yang diberikan oleh The Pinnacle Group International, sebuah penyedia jasa conferences, exhibition dan pelatihan yang ternama di Asia.
Penghargaan itu diserahkan oleh The Guest of Honor, Urban and Regional Planner of Davao City Philippines, Roberto Alababo III, kepada GM CSR Adaro Energy Tbk, Okty Damayanti.
Untuk kategori Best Environmental Excellence diikuti oleh 38 program dari 22 negara di seluruh dunia. Awards ini diberikan setelah melalui seleksi yang ketat dari tim juri yang kompeten di bidang CSR.
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang dinilai telah melaksanakan program lingkungan dan mendukung CSR Frameworks seperti UN Global Compact atau UN Principle for Responsible Investment, serta memiliki komitmen untuk melaksanakan tanggung jawab lingkungan dan sosial yang sesuai prinsip-prisip di dalamnya.
Selain itu pemenang dinilai memiliki program-program jangka panjang yang berkelanjutan, inovatif dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat di wilayah operasionalnya.
Kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai pihak maupun keterlibatan kalangan independen untuk memberikan evaluasi terhadap dampak program CSR yang diajukan, juga menjadi penilaian tersendiri untuk perusahaan yang mengikuti ajang ini.
Okty Damayanti mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu bentuk aspresiasi dunia internasional atas komitmen Adaro terhadap lingkungan dan masyarakat di wilayah operasionalnya.
Adapun sumber air yang didistribusikan diantaranya air tambang yang telah diolah menjadi air yang sesuai standar baku mutu air bersih dan layak untuk dikonsumsi. “Keberhasilan program ini atas dukungan dari berbagai pemangku kepentingan yang bermitra dengan Adaro. Yakni masyarakat, kontraktor,lokal, Dinas Kesehatan setempat, PDAM dan pemerintah pusat,” jelas Okty. (Metro7/Sri)