Paringin — RSUD Balangan kini menambah empat fasilitas baru untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yakni Kamar Operasi, Ruang ICU, Ruang Anak dan Ruang Perawatan Kelas 1.
Keempat ruang pelayanan itu kini sudah siap dioperasikan. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Bupati Balangan Ir H Sefek Effendie ME dan disaksikan oleh Direktur RSUD Balangan, Kepala Dinas Kesehatan dan sejumlah pejabat pemerintah daerah setempat.
Dengan diresmikannya keempat ruangan tersebut, maka kini fasilitas RSUD Balangan cukup lengkap. Lebih menggembirakan lagi, Pemerintah Kabupaten Balangan juga mendatang tujuh orang dokter spesialis untuk melayani masyarakat. Yakni dokter spesialis penyakit dalam, bedah, anastesi, anak, obgyns, rehab medik dan radiologi. ”Pembenahan pelayanan kesehatan akan terus dilakukan dengan menambah tenaga medis secara bertahap,” kata Sefek.
Ia berharap agar petugas RSUD Balangan memelihara peralatan yang sudah ada agar tidak menjadi halangan dalam melayani warga yang ingin berobat. ”Pada tahun 2007 sudah saya berikrar akan membangun rumah sakit di Balangan. Karena pada saat itu masyarakat Balangan mencari pelayanan harus menempuh jarak yang cukup jauh dan memakan waktu yang cukup lama yakni ke kabupaten tetangga,” ujarnya.
Keberadaan rumah sakit dengan fasilitas cukup lengkap ini tentu saja merupakan sebuah bukti bahwa pemerintah daerah terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Dengan adanya ruang operasi dan ICU ini RSUD Balangan tidak bekerja seperti Kantor Pos yang selalu melakukan rujukan ke kabupaten tetangga karena belum memiliki dokter spesialis,” tambahnya.