kb-kes

Dalam rangka menyongsong kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tahun 2012, PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang bekerjasama dengan  Badan KB, PP dan PA Kabupaten HST, menggelar kegiatan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi Medis Operasi Pria (MOP), bertempat di depan Puskesmas Kasarangan Kecamatan Labuan Amas Utara, Kamis (5/4/2012) kemarin.
Kegiatan diikuti sepuluh orang pria di mana enam orang berasal dari kecamatan LAU, satu orang dari Kecamatan BAS, dua orang dari Kecamatan BAT dan satu orang lagi dari Kecamatan  LAS.
Program Keluarga Berencana Nasional ini sudah diketahui oleh semua lapisan masyarakat sebagai cara untuk mengatur jarak kelahiran sehingga akhirnya akan tercipta keluarga  kecil Bahagia dan sejahtera bagi Pasangan Usia Subur (PUS) yang telah mengikuti program KB.
Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid pada kesempatan itu memaparkan bahwa  program KB sebenarnya bukan semata untuk kaum perempuan saja, tetapi kaum pria harus punya andil besar dalam mensukseskan Program KB, sehingga keadilan dan kesetaraan gender dapat dirasakan oleh setiap pasangan usia subur.
Walaupun target pemenuhan permintaan masyarakat untuk pelayanan MOP sebanyak 13 orang, namun dengan terlayaninya MOP sebanyak 10 orang, maka sudah terpenuhi sekitar 75% dari target yang ditetapkan,ungkapnya.
Lebih lanjut, Tintainah menyampaikan untuk mengatur jarak kelahiran tersebut, digalakkan bermacam-macam alat/obat kontrasepsi, antara lain Pil, IUD, Implant, suntik, Kondom, MOW dan MOP.
“pemakaian MOP ini sangatlah baik dan efektif dilakukan, mengingat jumlah anak yang lebih dari dua orang, akan berdampak pada aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan lainnya,” lanjutnya.
Turut hadir pada kegiatan tersebut di antaranya Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid beserta jajaran, Kepala Badan KB, PP dan PA Drs Nurul Fauzi bersama Staf, tim dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin, perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Camat LAU Seia Budi, serta petugas Puskesmas Kecamatan LAU. advhst