Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program KB Kabupaten Hulu Sungai Tengah Propinsi Kalimantan Selatan  Tahun 2012 yang berlangsung Kamsi (3/5/2012) lalu diikuti 80 peserta bertempat di Aula Rumah Sakit H Damanhuri Barabai.
Kegiatan turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kalimantan Selatan Hj Chamnah Wahyuni, para Camat, Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan, Danramil, Bidan Kooordinator Klinik KB Kecamatan, Kepala KUA Kecamatan, serta undangan lainnya.
Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kalimantan Selatan Hj Chamnah Wahyuni  menyatakan, menyambut baik terlaksananya Rakerda dan menurutnya pembangunan akan berhasil bila dimulai dengan penataan program kependudukannnya.
Diungkapkannya, awal pembangunan yang dimulai dari program kependudukan sangat penting mengingat banyak persoalan kependudukan yang harus dibenahi,  antara lain masih rendahnya Tingkat Sumber Daya Manusia Kalimantan Selatan,  masih tingginya kematian ibu melahirkan, rendahnya kesadaran warga untuk menggunakan alat kontrasepsi KB dan pernikahan usia dini.
Bupati HST H Harun Nurasid  dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekda HST IBG Dharma Putra memaparkan lima dimensi program Keluarga Berencana yang sistematis dan terencana yang dilakukan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Lima Dimensi program tersebut antara lain Pertama, kemandirian untuk melakukan evaluasi meliputi  menilai ketersedian layanan yang ada berdasarkan standar BKKBN, persentuhan dengan kepentingan masyarakat, mengukur cakupan KB yang dilayani dan melihat mutu yang telah dilaksanakan.
Kedua, Pemetaan Permasalah KB per desa  dengan mengaktifkan sistem pencatatan atau administrasi KB, Ketiga, pemantapan Manajemen Kependudukan dan KB pada tingkat Eselon  II dengan analisa lingkungan. Keempat, penggalangan kerjasama yang harmonis dengan banyak pihak  demi suksesnya program KB dan Kelima, Diupayakannya bantuan dan pendampingan dari  Pihak BKKBN Pusat dan instansi terkait.
“Bupati HST  dan Para Kepala SKPD  di lingkup Pemerintah Kabupaten HST demi Suksesnya Program KB di HST menyatakan siap untuk melakukan MOU atau kesepakatan  demi terealisasinya pendampingan dan bantuan yang akan diberikan,” katanya. advhst