AMUNTAI Dinas Pendidikan Kabupaten HSU memberikan beasiswa bagi tiga siswa yang memperoleh nilai tertinggi pada UN 2012 di tiap Sekolah tingkat SMA.
Menurut Kepala Bidang Pendidikan SMP, SMA dan SMK, Drs Muhammad Yunus,  pihaknya sudah membagikan beasiswa tersebut kepada tiga siswa SMA sederajat yang memperoleh nilai tertinggi di setiap sekolahnya.
“Beasiswa ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap siswa yang berprestasi di setiap sekolah,” ujarnya.
Besar beasiswa yang diberikan pada siswa terbagi tiga tingkatan yang diambil dari nilai UN yang diraih masing-masing siswa.
Untuk siswa dengan  nilai UN tertinggi pertama mendapat beasiswa satu sebesar  Rp800 ribuan, nilai UN tertinggi kedua sebesar Rp600 ribuan dan nilai UN tertinggi ketiga sebesar Rp400 ribuan.
Ditegaskan M Yunus bahwa pihaknya juga akan memberikan untuk siswa berprestasi dari SMP sederajat yakni siswa yang berhasil mendapatkan nilai UN tertinggi pertama sampai ketiga.
Siswa SMP sederajat yang berprestasi juga akan mendapat beasiswa serupa,” bebernya.
Namun untuk SMP sederajat beasiswanya belum diberikan kepada siswa bersangkutan, dikarenakan pihak Dinas Pendidikan belum mencairkan dananya.
Ia berharap dengan adanya beasiswa yang diberikan kepada siswa SMP dan SMA sederajat tersebut, sedikit banyaknya dapat membantu siswa mendapatkan untuk biaya melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi maupun untuk melanjutkan ke bangku SMP.
Juga supaya menjadi moivasi bagi siswa di bawah untuk berkompetisi dalam meraih nilai tertinggi saat UN. Metro7/Ayie