Seperti tahun-tahun sebelumnya, memasuki pelaksanaan program kegiatannya, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tabalong melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat di tiap kecamatan yang bertujuan untuk transparansi. Dalam kesempatan itu pihak Dinas PU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan kritik dan sarannya terkait pembangunan sarana infrastruktur yang kiranya belum terakomodir.
Untuk Tahun Anggaran 2012 ini, sosialisasi dimulai di Kecamatan Tanta (Senin, 16/72012) bertempat di aula Puskesmas Integrasi Desa Puain Kanan. Peserta terdiri para Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua TP PKK Desa, kontraktor pelaksana dan PPK/PPTK, tokoh-tokoh masyarakat.
Sedangkan sebagai narasumber, Kepala Dinas PU Kabupaten Tabalong Ir H Ariffin Noor MT, Kabid Bina Marga M Zaini Hafipullah ST, Kabid Cipta Karya Prasarana Daerah Hj Hamidah ST, dan Kasi Pengairan Wibawa Agung SST.
Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Camat Tanta Alfian SSTP yang diwakili Kasi Pembangunan H Darsani AMd.
Dalam sambutannya Camat Tanta menjelaskan bahwa saat ini pembangunan infrastruktur cukup pesat, termasuk pembangunan jembatan rangka baja di Desa Pamarangan. Begitu juga pembangunan perkantoran terus dilakukan sesuai kebutuhan, seperti Puskesmas, Kantor PKK dan yang lainnya dan bahkan Kantor Camat Tanta yang baru juga sedang berjalan.
Itu semua tidak terlepas dari kerja keras kita semua serta dukungan masyarakat. Program pembangunan dilaksanakan setiap tahun berkelanjutan, diharapkan kepada semua Kepala Desa dan masyarakat untuk memberikan usulan pembangunan, baik melalui Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan maupun Musrenbang kabupaten, sebagai bahan penyusunan program pembangunan setiap tahunnya,” ujar Alfian.
Dalam kesempatan itu, Camat Tanta atas nama pemerintah kecamatan dan masyarakat Tanta menyampaikan terima kasih kepada Dinas PU yang telah banyak melaksanakan pembangunan infrastruktur di wilayah Tanta, seraya ia berharap agar pembangunan trotoar kiri kanan jalan khususnya di komplek kecamatan Tanta bisa dilanjutkan lagi, mengingat kecamatan Tanta diprogramkan menjadi percontohan bagi kecamatan lainnya.
Kepala Dinas PU Tabalong Ir H Arifin Noor MT dalam sambutannya menjelaskan, program pembangunan dilaksanakan Dinas PU secara merata di dua belas kecamatan. Ia memberikan gambaran luas wilayah Kabupaten Tabalong sekitar 494 ha dengan jumlah penduduk saat ini sudah lebih dari 215.000 jiwa.
Permasalahan pembangunan infrastruktur yang menjadi tanggung jawab pemerintah melalui Dinas PU seiring pesatnya pertambahan jumlah kendaraan di mana asset PU, cukup banyak. Untuk jalan kabupaten, penambahannya mencapai 872 Km, jembatan ulin 440 buah, jembatan rangka baja 16 buah dan 66 jembatan gantung yang ditangani Bidang Bina Marga.
“Asset pengairan yang ditangani adalah memelihara saluran air, pintu air yang tersebar di kecamatan wilayah utara, tengah dan selatan, kemudian jalan perkebunan ke ujung selatan. Sedangkan untuk Bidang Cipta Karya adalah air bersih dan jalan lingkungan ke pemukiman dan perkantoran,” jelas Ariffin lagi.
Orang nomor satu di Dinas PU ini berharap, masyarakat bisa ikut mengawasi jalannya pembangunan, demi terciptanya pembangunan yang baik dan transparan. Metro7/Via