Tanjung, –Kabupaten Tabalong tahun anggaran 2014 ini akan mendapat alokasi subsidi benih padi inbrida sebanyak 450.000 kg yang akan ditanam di lahan pertanian seluas 18.000 hektar. Subsidi benih bersumber dari dana APBD Propinsi Kalimantan Selatan dalam upaya menunjang program ketahanan pangan di daerah.
 Demi kelancaran pelaksanaan pengadaan dan penyaluran benih bersubsidi di Tabalong, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Tabalong menyelenggarakan kegiatan sosialisasi subsidi benih Senin (24/3) tadi bertempat di aula Penghulu Rasyid Sekretariat Pemerintah Kabupaten Tabalong.
Sosialisasi diikuti Mantri Tani, petugas pengawas dan sertifikasi benih di lingkungan Distanakan Tabalong, para penangkar benih selain dari masyarakat juga pihak Kodim 1008 Tanjung, termasuk Danramil se Kabupaten Tabalong.
 Sosialisasi tersebut juga menghadirkan narasumber Kasi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman pada Dinas Pertanian Propinsi Kalimantan Selatan Zairullah, Kepala Cabang PT Sang Hyang Sri Sebastian dan Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Distanakan Kabupaten Tabalong Syam’ani.
 Menurut Kasi Tanaman Pangan dan Hortikultura Distanakan Tabalong Yusran, tahun anggaran 2014 ini alokasi subsidi benih yang bersumber dari dana APBD Propinsi Kalimantan Selatan sebanyak 4.445.000 kg diperuntukan buat sebelas kabupaten termasuk Tabalong sendiri yang mendapat 450.000 kg.
 Ia menambahkan kebutuhan benih padi di Tabalong tahun 2014 untuk 12 kecamatan yang terdiri ± 200 desa, diperkirakan mencapai 6.925 ton.
Diharapkannya dengan adanya subsidi benih padi inbrida dari pemerintah propinsi ini dapat mendorong target produksi beras yang merupakan salah satu program ketahanan pangan pemerintah.
 Dan dengan adanya kerjasama Distanakan Tabalong bersama Kodim 1008 Tanjung beserta jajaran Koramil-Koramil yang ada sebagai pendamping di lapangan dapat memotivasi para petani, agar pelaksanaan kegiatan di lapangan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar serta tidak mengalami keterlambatan dalam artian tepat waktu tepat sasaran, tepat lokasi, tepat guna dan tepat jumlah untuk satu musim tanam. metro7/via