TANJUNG, metro7.co.id – Pencanangan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Tabalong yang dilakukan serentak di Puskesmas Mabuun, Jalan Jendral Achmad Yani, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Agenda Vaksinasi ini diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Tabalong, SKPD Tabalong, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Tabalong.

Dari vaksinasi perdana yang digelar di Kabupaten Tabalong ini ada yang berbeda, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani dan beberapa Pejabat lainnya akan menggunakan vaksin yang berbeda dari Vaksin Sinovac asal Cina, melainkan akan menggunakan Vaksin Pfizer asal Jerman dikarenakan usia yang sudah beranjak lansia atau di atas 59 tahun.

“Ada kebijakkan baru, ini juga berlaku untuk semua warga usia 59 tahun ke atas, tetapi vaksin untuk 59 tahun ke atas ini bukan merek Vaksin Sinovac asal cina, tetapi merek Vaksin Pfizer asal jerman,” jelasnya dalam pembukaannya pada agenda vaksinasi, Senin (1/2/2021) Pukul 09.00 WITA.

Dari informasi yang dihimpun Metro7 dari Inet Detik, Dalam uji klinis lokal di Indonesia, Sinovac mencapai tingkat efikasi 65,3% di antara 1.620 relawan. Meski ada perbedaan angka efikasi Sinovac pada tiga negara lain untuk saat ini (Indonesia 65,3%, Turki 91,25%, dan Brasil 50,38%), persenan ini sebenarnya masih berada di atas ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menurut WHO selama efikasi sebuah vaksin di atas 50%, maka masih dapat diterima terlebih ini di tengah pandemi.

Namun perlu diingat, bahwa peneliti dari Butantan Institute memastikan Vaksin Sinovac tetap mempunyai efektivitas 78% mencegah Covid-19 untuk gejala ringan yang memerlukan perawatan.

Sementara untuk Pfizer, vaksin asal barat ini memiliki efikasi yang terbilang tinggi mencapai 95%. Uji klinis III terhadap vaksin ini telah dilakukan dengan melibatkan 43.448 orang yang berusia 16 ke atas, 45% berusia 56-85 tahun.****