TANJUNG, metro7,co.id – Menjelang Peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Tabalong yang ke-55 tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Tabalong hari ini Senin (30/11/2020) melaksanakan ziarah ke makam para penuntut Kabupaten Tabalong.

Ada 20 makam para penuntut Kabupaten Tabalong makamnya yang diziarah Bupati Tabalong beserta jajaran tersebar di beberapa Kecamatan.

Pembagian kelompok peziarah dibagi 20 kelompok, yang tiap kelompok peziarah masing-masing dipimpin koordinator kelompok masing-masing koordinator ziarah terdiri Bupati Tabalong, H.Anang Syakhfiani, Wakil Bupati, H.Mawardi, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Kepala Pengadilan Negeri Tanjung, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung, Dandim 1008/Tanjung, Kapolres Tabalong, Kepala BPPRD, Kepala Dinas Sosial, Direktur RSUD H Badaruddin Kasim, Kepala Dsporapar, Inspektur Daerah, Kepala Dinas PMPD, Kepala Badan Kesbangpol, Kadis LH, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas PMPTSP, Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Kesehatan.

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani bertindak sebagai koordinator ziarah ke makam H.Bijuri salah satu penuntut Tabalong yang wafat pada tahun 1991 dan dimakankan di alkah keluarga di Jalan Tepian Tanjung belakang Hotel Tabalong.

Kelompok Bupati Tabalong terdiri Ketua MUI, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perindag, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kabag Prokopim.

Kedatanga rombongan Bupati Anang Syakhfiani langsung disambut putra sulung Almarhum H.Bijuri, H A.Kastalani beserta 4 putri almarhum.

Bupati Tabalong beserta rombongan didampingi putra-putri almarhum bersama-bersama berdo,a yang dipimpin Ketua MUI Tabalong, KH.Sabilal Rusdi, dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam penuntut Tabalong H Bijuri dan makam keluarga lainnya.

Bupati H.Anang Syakhfiani, mengatakan, semua penuntut Kabupaten hari ini didatangi atau diziarahi, dianjang sanai oleh ia, Wakil bupati, unsur pimpinan daerah, dan para Kepala SKPD menyebar pada jam yang sama ke makam para penuntut Tabalong lainnya.

“Saya hari ini ziarah ke makam salah satu penuntut Tabalong, ayahnda H.Bijuri orang tua dari H A Kastalani. Saya tahu persis ketokohan beliau, oleh sebab itu saya datang kesini untuk ziarah dan anjangsana kepada keluarga beliau, tetapi lebih dari itu kita ingin mengingatkan kepada para generasi penerus di Tabalong, jasa-jasa para penuntut ini tidak bisa kita lupakan,” katanya.

Baginya, para penuntut memberikan inspirasi untuk memajukan Tabalong kedepan.

“Jadi, perjuangan kita ini tidak pernah putus dari penuntut turun ke pendahulu-pendahulu kita, mulai Bupati Tabalong, H.Usman Dondrung, dan seterusnya dan terus menerus berlanjut, itulah yang kita bangun sekarang keberlanjutan ini supaya tidak pernah putus. Kita mendo,akan mudahan – mudahan para penuntut mendapat tempat yang lapang disisi Allah SWT. Lebih dari itu, intinya silaturrahim,” tukas Bupati Anang. *