TANJUNG, metro7.co.id – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meresmikan 5 unit Gudang UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran  Bokar) se Kabupaten Tabalong yang ditandai dengan pengguntingan pita pada Gedung UPPB Karya Bersatu Wirang di Desa Wirang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Senin (18/01).

Dalam kesempatan tersebut Bupati meninjau langsung proses kerja alat Pirolisis (pembuat asap cair) sebagai formula pembeku lateks yang berguna untuk meningkatkan mutu karet sekaligus  menyerahkan bantuan alat pertanian lainnya berupa  Cultivator sebanyak 20 unit, Handtractor 22 unit dan Alat Angkutan Roda Tiga sebanyak 5 unit.

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong menyampaikan  dengan adanya UPPB, getah karet secara kualitas akan meningkat sehingga harga pun juga lebih bagus.

” Sejak tahun 2015, kita melalui Gemas Mekar mencari solusi meningkatkan  kualitas getah karet Tabalong agar berdaya saing kuat dengan  harga bagus, nah, dengan adanya UPPB yang sudah berjalan baik ini diharapkan mutu karet dapat dipertahankan dan harganya pun mahal,” urai Anang.

Tetapi yang terpenting, lanjut Anang,  kita punya komitmen dan niat yang kuat, jangan sampai petani karet masuk angin dengan iming-iming harga dan kemudahan proses, karena itu bisa menghancurkan sistem yang sudah berjalan baik ini.

“Yang kita hadapi ini adalah sindikat karet internasional yang menghendaki harga karet Tabalong tetap rendah, untuk itu kita mesti bisa bersaing melalui UPPB ini untuk menggetarkan perkaretan di Kalimantan Selatan,” tambah Bupati.

Hal senada juga disampaikan Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Drh. Saswoko, dikatakannya keberadaan UPPB adalah untuk mendukung  program pemerintah dalam  meningkatkan kualitas karet agar harganya jauh lebih baik.

“Pemerintah telah memberikan bantuan alat berupa Pirolisis agar bisa dimanfaatkan petani untuk formula pembeku lateks, yang kapasitas produksinya 50 liter dalam 24 jam,” terang Saswoko.

Sementara itu Ketua UPPB Desa wirang, Urul Yani ucapkan terima kasih kepada pemerintah Tabalong atas bantuan bangunan Gudang UPPB dan alat pembuat asap cair.

“Dengan bantuan ini jelas akan meningkatkan kesejahteraan kami, karena karet menjadi berkualitas dan tentu  harganya  juga makin mahal,” tutur Yani.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong,  Anggota Komisi II DPRD  Tabalong, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Plt. Kepala. Dinas Pertanian, Camat Haruai, Direktur Perumda, Tokoh Tani dan para Ketua Kelompok Tani penerima bantuan serta para petani karet. ***