TANJUNG – Pencegahan dan mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid)-19 terus dilakukan Pemerintah Desa Padangin Kecamatan Tanta dengan melakukan beberapa kegiatan.

Diantaranya menyediakan tempat cuci tangan dan sabun serta masker untuk dibagikan kepada warga masyarakat setempat. Selain itu telah dilakukan penyemprotan disinfektan disejumlah pasilitas umum.

Hal tetsebut disampaikan Sekretaris Desa (Sekdes) Padangin Kecamatan Tanta, Saida Rahayu saat disambangi wartawan media ini di Kantor Desa Padangin Rabu (29/4/2020).

Saida menjelaskan semua biaya untuk pengadaan sejumlah tempat cuci tangan, sabun, masker dan penyemprotan disinfektan bersumber dari dana APBB dan APBN.

“Jadi kalau APBD diambil dari alokasi anggaran perjalanan dinas ke luar Kabupaten, sedangkan yang bersumber dari ABPN diambil dari biaya pelatihan-pelatihan,” katanya.

Total anggaran yang dianggarkan untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 85 juta, terdiri dari APD senilai Rp 50 juta dan APBN Rp 35 juta.

“Jumlah ini masih perlu kami tambahkan lagi untuk pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga masyarakat yang berhak,” katanya.

Dia menambahkan, tempat cuci tangan dan sabun yang sudah dibagikan keseluruh rumah di desa Padangin masing-masing berjumlah 315 buah, kemudian masker jumlahnya 1.020 lembar.

Sedangkan sasaran penyemprotan pasilitas umum terdiri Poskamling, tempat ibadah (Langgar), Majelis.

“Disamping itu kami juga mendirikan posko tanggap darurat covid-19,” terangnya.

Dengan upaya yang dilakukan, Saidah berharap warga masyarakat Desa Padangin Kecamatan Tanta tidak ada yang ODP, PDP atau positif. (metro7/via).