TANJUNG, metro7.co.id – Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan pengetahuan tentang usaha ternak kambing, Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong menggelar Bimbingan Teknis Usaha Ternak Kambing pada kegiatan pengawasan peredaran hewan dan produk hewan yang diikuti oleh 30 peserta dari perwakilan kelompok tani se-Kabupaten Tabalong, di Aula Wahyu 99 Pembataan, Kamis (25/02).

Ketua pelaksana Bimtek, Karnadi Elham, S.Pt., Kasi Kesmavet bidang pengelolaan kesehatan hewan masyarakat veteriner dan peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong menyampaikan, tujuan diadakannya bimtek adalah memberikan pengetahuan dalam usaha peternakan kambing termasuk manajemen ternak.

“Diharapkan dengan adanya bimtek ini, para peternak kambing di Tabalong bisa mengembangkan usaha ternak kambing,” ujar Karnadi.

Ditambahkannya, petani peternak bisa mengetahui kebijakan ternak kambing di Kabupaten Tabalong, yang didalamnya terkait pemasaran dan sekaligus pengendalian penyakit terhadap kambing.

Salah satu pemateri, Syaiful Yazan, S.pt, Kabid Peternakan mengatakan, peternakan kambing menjadi salah satu program unggulan di Kabupaten Tabalong.

“Kedepan, kita targetkan Tabalong berswasembada ternak,” ucapnya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pertanian, drh. Saswoko menyatakan bahwa bimtek usaha ternak kambing sasarannya adalah para peternak kambing yang sudah melakukan budidaya ternak khususnya kambing.

“Sasaran kita adalah peternak yang saat ini sudah melakukan budidaya ternak kambing, dengan tujuan meningkatkan wawasan dan sumber daya petani peternak,” ucap Saswoko.

Selain peningkatan SDM, lanjut Saswoko, bimtek ternak kambing juga memberikan pengetahuan tentang manajemen ternak, analisis usahanya dan pangsa pasarnya.*