TANJUNG – Ratusan Siswa SDN 1.5 Belimbing Kecamatan Murung Pudak mengikuti kegiatan Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, Kamis (29/11/2018) di Halaman SDN 1.5 Belimbing.

Kegiatan Gemarikan ini turut dihadiri Bupati Tabalong H.Anang Syakfiani bersama Ketua TP.PKK Hj.Syarifah Syifa dan sejumlah undangan lainnya yang terdiri Unsur Muspika Kecamatan Murung Pudak, Lurah Belimbing, Pengawas Sekolah.

Kepala SDN 1.5 Belimbing Hj.Noorhana dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya beserta dewan guru sangat bahagia atas kehadiran Kepala Daerah.

Kedatangan Bupati bukan hanya menghadiri acara Gemarikan, tetapi juga untuk bernostalgia disekolah ini, sebab bupati adalah salah satu alumni SDN Pancasila yang sekarang dinamakan SDN 1.5 Belimbing.

“Dengan Kedatangan Bupati disekolah ini mudah-mudahan menjadi inovasi dan inspirasi kepada anak didik kami, bahwa alumni disekolah ini ada yang berhasil menjadi Bupati,” katanya.

SDN 1.5 Belimbing tercatat meraih beberapa prestasi, diantaranya sebagai peringkat III Sekolah Sehat se Kalimantan Selatan, sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi, Peringkat III dokter kecil Tingkat Provinsi, menjadi sekolah rujukan mewakili Tabalong Tingkat Nasional sejak tahun 2015, dan masuk grand final lomba budaya mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional tahun 2017 dan 2018.

Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani bersama Ketua TP.PKK Hj.Syarifah Syifa dalam acara tersebut secara simbolis melakukan penebaran 2000 benih ikan papuyu dan 200 ekor ikan paten di dua kolam depan sekolah, yang merupakan bantuan Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan.

Bupati Anang meminta kepada siswa-siswa, agar membiasakan banyak mengkonsumsi ikan, karena daging ikan mengandung omega tiga yang bisa membuat orang jadi pintar, dan belajar sungguh serta taat kepada orang tua dan guru.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong H.Muhammad Mugeni kepada wartawan mengatakan kegiatan Gemarikan yang dilaksanakan di SDN 1.5 Belimbing ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tabalong Ke 53 serta Hari Ikan Nasional yang ke 5.

“kita patut bersyukur pada kesempatan ini, karena Bupati dan Ketua TP.PKK dapat berkenan hadir di SDN 1.5 Belimbing,” katanya.

Kegiatan ini adalah dalam rangka menyemarakan gerakan memasyarakatkan makan ikan di Kabupaten Tabalong, dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi asupan gizi yang berasal dari ikan.

Kemudian juga ingin memperkenalkan kepada anak murid siswa SD untuk bisa mengenal dan memelihara, mengolah ikan sebagai konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, yang beguna untuk menjadikan tubuh supaya kuat, sehat dan cerdas.

Selain itu juga kehadiran Bupati di SDN 1.5 Belimbing, untuk memberikan semangat kepada siswa dan murid yang ada, karena Bupati adalah alumni SDN Psncasila yabg sekarang berubah nama menjadi SDN 1.5 Belimbing.

“Pemberian bantuan benih ikan sebagai upaya mendukung sekolah dalam rangka menuju sekolah adiwiyata dan mudah-mudahan apa yang menjadi harapan dari pihak sekolah bisa berhasil untuk mendapatkan adiwiyata Tingkat Nasional,” katanya. (metro7/via).