TANJUNG – Warga di Ribang Desa Hayup Kecamatan Haruai, Tabalong mendukung penuh program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 yang dilaksanakan Kodim 1008 Tanjung. Tidak hanya mendukung, ada beberapa warga yang sampai menyumbangkan tanah kebun karetnya untuk pembuatan atau pelebaran badan jalan antara Desa Hayup dengan Desa Ribang 2.

Berkah dukungan dari masyarakat terhadap pelaksanaan TMMD, kini jalan kebun sepanjang 1.840 meter yang dulunya jalan setapak, kini berubah menjadi lebar 7 meter hingga bisa dilalui mobil.

Dukungan dan kerjasama dari warga diakui Kepala Desa Hayup Suwito, dikatakannya warga sangat gembira adanya kegiatan TMMD, maka itu dengan sepenuh hati mengikhlaskan tanah kebun dan beberapa pohon karet ditebang demi suksesnya pelebaran jalan.

“Masyarakat merasa terdorong lantaran banyak tentara yang kerja sosial jauh-jauh ke desa kami, sehingga membuat warga tergugah hatinya, dan menyumbangkan tanah kebun untuk pelebaran jalan,” katanya.

Selain itu, diakui Suwito, kerelaan pemilik tanah menyumbang­kan lahan tanahnya untuk pelebaran jalan TMMD tidak merugikan, tapi justru sangat menguntu­ngkan.

“Sebab, harga tanah mereka akan naik dan warga memiliki jalan lebar untuk mengangkut hasil kebun karet,” katanya lagi.

Dandim 1008 Tanjung Letkol Arm Edy Susanto turut bangga dengan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan kegiatan TMMD ke 104 guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Alhamdulillah dengan dibantu masyarakat, pembuatan atau pelebaran badan jalan antara Desa Ribang 2 dengan Desa Hayup sukses dilaksanakan,” katanya. (metro7/via)