METRO7.CO.ID, TANJUNG – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tabalong, Senin (15/10/2018) menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Bantuan Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) bertempat di Aula Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Sosialisasi yang turut dihadiri Direktur Penanganan Fakir miskin Pedesaan Kementerian Sosial Republik Indonesia Naziarto, Ketua DPRD Tabalong H.Darwin Awi, Sejumlah Unsur Forkopimda dan Kepala SKPD tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani.

Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong H.Yuhani menyampaikan bahwa, Kegiatan Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM), terkait penggunaan dan pemanfaatan dana bantuan agar dapat berjalan sesuai harapan dan tepat sasaran.

Ia menjekaskan jumlah KUBE yang akan menerima bantuan ada seratus kelompok, kemudian penerima bantuan untuk rutilahu sebanyak seratus kelompok, disamping itu ada dua Desa di Tabalong yang akan menerima bantuan untuk pembangunanan sarana lingkungan (sarling).

Jumlah total dana bantuan sosial yang merupakan bantuan hibah bersumber APBN 2018 sebesar RP.3,6 Milyar, dengan rincian RP.2 Milyar untuk seratus Kube, RP.1,5 Milyar untuk bantuan seratus rutilahu, dan RP.100 Juta untuk dua sarling.

Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan sudah tiga tahun berturut-turut bantuan sosial dari Kemensos yang diberikan kepada masyarakat Tabalong, dan setiap tahunnya jumlahnya pun meningkat.

Bupati Anang berharap agar bantuan seperti ini bisa berlanjut setiap tahun, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tabalong telah menyiapkan jenis usaha yang akan dilakukan oleh kelompok penerima bantuan yaitu yang sudah bisa dipastikan adalah budi daya ikan
dengan sistem bioflok dengan jenis ikan mas, nila, lele dan papuyu, disamping itu juga diprogramkan untuk jenis usaha ternak kambing.

Sementara Direktur Penanganan Fakir Miskin Pedesaan Kementerian Sosial RI Naziarto, mengatakan’ hingga saat ini Kemensos tetap terus konsen dalam upaya pengentasan dan pengurangan angka kemiskinan di Indonesia.
Salah satunya dengan melakukan bhakti sosial kepada kelompok-kelompok usaha bersama (KUBE), PKH dan RS-RTLH untuk masyarakat di Kabupaten Tabalong ini.

Target jumlah bantuan sosial (Bansos) yang akan diberikan sangat tergantung dengan kesiapan Daerah dan sesuai dengan proposal yang telah disampaikan masing-masing Kepala Daerah, ke Kemensos RI. (metro7/via)