METRO7.CO.ID, Tanjung – Sebanyak 163 wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Tabalong Tahun Akademik 2016/2017 secara resmi diwisuda di Gedung Sarabakawa, Rabu (25/10/2017).

Acara Wisuda ini, berlangsung dalam acara Dies Natalis XII dan Wisuda Sarjana Angkatan VIII STIA Tabalong yang dipimpin langsung oleh, Jauhar Arifin selaku Ketua STIA Tabalong.

Turut berhadir dalam acar wisuda tersebut, Prof. R. Andi Sularso, SE, MSM selaku sekretaris BAN PT, Bupati Tabalong yang diwakilkan oleh Wartoyo selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tabalong.

Menurut Ketua STIA Tabalong Jauhar Arifin, jumlah mahasiswa yang diwisuda kali ini mengalami peningkatan jika dibanding jumlah wisudawan tahun lalu yang hanya berjumlah 158.

Dari 163 orang mahasiswa yang diwisuda ini, kata Jauhar, 144 orang berasal dari Prodi Administrasi Negara/Publik, 19 orang dari Prodi Administrasi Niaga/Bisnis. Dari total wisudawan 163 ini, 29 orang meraih predikat Dengan Pujian (Cum Laude).

“Bukan hanya jumlah yang meningkat, secara kualitas pun juga meningkat. Dimanatahun lalu rata-rata IPK wisudawan hanya 3.37, nah tahun ini meningkat menjadi 3.43,” tegasnya.

Peningkatan kualitas ini, lanjut dia, tidak terlepas dari usaha STIA Tabalong yang melakukan pengembangan studi lanjut bagi dosen dan karyawan ke jenjang S2 dan S3. Serta merekrut dosen-dosen baru yang berpendidikan minimal S2.

“Insya’Allah pada tahun ajaran 2017/2018 nisbah/rasio dosen dan mahasiswa memenuhi standar satu berbanding 45,” bebernya.

Bupati Tabalong dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wartoyo Kepala BKD Kabupaten Tabalong menyapaikan, harapannya agar para lulusan STIA Tabalong mampu bersaing secara kualitas dengan lulusan dari universitas lain mengingat saat ini sudah memasuki Kawasan Ekonomi yang terintegrasi di Wilayah Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

“Saya percaya dengan IPM Tabalong yang terus membaik, anak-anak muda di Tabalong akan mampu bersaing pada dunia kerja dan memiliki peran dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara dimasa yang akan datang,” jelasnya. (Metro7/MC Tabalong/Gilang)