TANJUNG – Pemerintah menggratiskan tagihan listrik untuk golongan 450 VA selama tiga bulan dan diskon 50% untuk tagihan listrik yang golongan 90 VA. Namun, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui dan bingung bagaimana cara mendapatkannya.

Manager PLN kabupaten Tabalong, Topan Setiawan mengatakan bahwa sudah diinformasikan ke Kecamatan bahwa yang 450 VA dan 900 VA mendapatkan bantuan.

“Pelanggan 450 VA mendapat gratis pulsa listrik, yang tidak menggunakan pulsa otomatis akan langsung dilunaskan, begitu juga yang 900 VA, namun hanya mendapatkan potongan 50% potongan pembayaran,” katanya Jumat (8/5).

Ia menjelaskan, syarat yang perlu dipenuhi hanyalah subsidi. Dimana yang 450 VA otomatis subsidi, kalau yang 900 VA ada yang subsidi dan ada yang tidak.

“Ada cara membedakan subsidi dan tidak, itu bisa dilihat dari struk pembelian pulsa, jika ada tulisan atau huruf M berarti non-subsidi, jika tulisannya R1 berarti subsidi,” jelasnya.

Topan menerangkan, mekanisme pendaftarannya bisa lewat situs resmi PLN yaitu https://portal.pln.co.id/. Yakni
dengan cara memasuki situs, kemudian membuka menu Stimulul Covid-19 dan memasukkan ID pelanggan atau nomor meter.

Bisa juga melalui whatsapp, dengan cara mengirim pesan ke whatsapp PLN 08122-123-123, kemudian kirimkan kode pelanggan ke nomor tersebut.

“Kami imbau jika masih belum tahu atau yang posisinya jauh bisa datang kekecamatan terdekat. Namun, jika belum ada jawaban bisa langsung kekantor PLN,” terangnya lebih dalam. (metro7/dlh)