TANJUNG, metro7.co.id – Setidaknya terdapat 72 usulan dalam Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tabalong Tahun 2022 di halaman kantor Kecamatan Upau, Senin (01/02).

Pelaksanaan Musrenbang yang diawali dengan persembahan tari ucapan selamat datang oleh sanggar seni Sendaring Mardeka, Upau tersebut, dihadiri berbagai elemen baik dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan dan unsur Muspika, Anggota DPRD, Pemerintah Desa/Kelurahan, serta tokoh masyarakat.

Dalam paparannya, Camat Upau Rofik Aziddin mengatakan tahun 2021 kali ini total usulan Kecamatan Upau ada 72 usulan, lebih sedikit dibanding tahun 2020 yang mencapai 120 usulan.

” Ini artinya para Kepala Desa serta aparat sudah berusaha semaksimal mungkin memilah usulan yang memang benar-benar prioritas, ” ungkap Rofik.

Ditambah Rofik, dari 72 usulan yang ada, 65% terdiri dari usulan infrastruktur fisik dengan tiga usulan yang sangat prioritas, yaitu, peningkatan jalan poros Desa Kaong RT. 04, peningkatan, pemeliharaan, dan pelebaran siring kiri – kanan jalan poros Desa Kaong RT.03 sampai ke Desa Masingai I, dan pembuatan jembatan beton di Desa Kaong RT. 04, Kecamatan Upau.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 2021 musrenbang di kecamatan dilakukan menggunakan sistem online dimana setiap desa wajib menginput setiap usulan kegiatan prioritas pembangunan desa ke dalam sebuah sistem yang disebut Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).****