TANJUNG – Memastikan kondisi stabilitas ketersediaan dan harga pangan dipasaran menjelang hari Idul Fitri 1441 Hijiriah dan disaat masih mewabahnya Virus Corona (Covid-19), Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani bersama Satgas Pangan dan SKPD terkait Selasa (16/5/2020 ) langsung turun pantau pasar Tanjung.

Dari hasil pemantauan sejumlah harga bahan pokok dipasar harian Tanjung ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan, diantaranya harga bawang merah mencapai Rp 60 ribu per kilo, bawang putih Rp 40 ribu per kilo disamping juga kenaikan harga beras premium, mayang unus, dan sejenisnya.

Hasil pemantauan, Bupati H Anang Syakhfiani mengatakan kenaikan sejumlah harga barang pokok lebih disebabkan oleh kebutuhan masyarakat yang meningkat, dan kendala pengiriman.

“Jadi kenaikan harga sejumlah bahan pangan masih dalam kewajaran,” ujar Bupati Anang.

Namun dipastikannya jika dalam tempo dua hari kedepan menjelang lebaran harga bahan pokok mengalami kenaikan yang signifikan, maka Pemkab Tabalong akan melakukan operasi pasar.

Bupati jug menghimbau agar para pedagang untuk tetap berjualan dengan harga yang wajar, jangan menaikan harga.

Begitu jua kepada para konsumen jangan melakukan pembelian dalam jumlah besar atau pemborongan yang bisa menyebabkan kepanikan. (metro7/via)