TANJUNG, metro7.co.id – Walaupun diujung akhir masa beroperasinya PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro (PT PAMA ADRO) diwilayah operasional Kabupaten Tabalong dan Balangan, namun masih sempat memberikan kepedulian dan konstribusinya kepada masyarakat disekitar wilayah operasional maupun masyarakat sekitar jalur lintasan operasional.

Satu hari menjelang Lebaran Idul Adha 1442 H, Senin (19/07/2021) Management PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro menyerahkan bantuan hewan qurban kepada masyarakat yang bermukim disekitar wilayah operasional Ring I.

Penyerahan bantuan hewan qurban tersebut dilakukan secara simbolis di Lobby Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tabalong, Jalan Pangeran Antasari, Tanjung.

Penyerahan bantuan hewan qurban diserahkan secara simbolis oleh Management PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro yang diwakili CSR Manager Ono Karno kepada beberapa Kepala desa dan perwakilan masyarakat desa Ring I.

CSR Manager PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro, Ono Karno mengatakan, selain penyerahan secara seremonial hewan qurban juga kegiatan juga diisi dengan penyerahan pemberian sertifikat halal bagi UMKM binaan LPB PT Pama.

“Ditahun 2021 ini, PT Pama Alhamdulillah dapat mengumpulkan 56 ekor hewan qurban berupa, 28 ekor sapi dan 28 ekor kambing yang didistribusikan kebeberapa Kabupaten Wilayah operasional, dan Kabupaten Tabalong mendapatkan 17 ekor sapi dan 15 ekor kambing, dari hewan qurban ini kami distribusikan kepada seluruh desa Ring I, Pondok Pesantren, dan Panti Asuhan yang berada di Tabalong, dimana sapi dan kambing ini akan didistribusikan langsung oleh PT Pama,” ujarnya.

Selain itu, akan diberikan secara langsung sertifikat halal dari MUI Kalsel kepada 10 UMKM binaan LPB.

“Ada 148 UMKM binaan LPB Pama di Kabupaten Tabalong, dari sejumlah UMKM tersebut, ada beberapa yang sudah mendapat izin yang sesuai perizinannya, dimana 12 UMKM yang memiliki izin Industri rumah tangga (IRT), 2 UMKM perizinan B POM,” ujarnya.

PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro akan berakhir beroperasi di Wilayah ini pada akhir Juli 2021, akan tetapi untuk Lembaga Pengembangan Bisnis- Pama Banua Lima(LPB-PAMA Banua Lima) berakhirnya bulan Desember 2021.

“Mudah-mudahan masih ada kesempatan bagi UMKM lainnya yang bisa diupayakan mendapatkan perizinan oleh LPB Pama,” katanya.

Mewakili management PT Pama, Ono Karno menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Tabalong beserta jajaran yang selama ini senantiasa memberikan arahan dan petunjuk.

“Sehingga PT Pama dapat terus berjalan dan beroperasi dari awal dan berakhirnya proyek,” ucapnya.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menyatakan bersyukur karena PT Pamapersada Nusantara bisa meneruskan tradisi tahunan untuk kembali menyerahkan hewan qurban, dan hari ini merupakan penyerahan yang terakhir.

“Namun, saya yakin suatu saat nanti PT Pama akan kembali lagi ke Kabupaten Tabalong,” kata Bupati H Anang Syakhfiani.

“Tradisi ini, saya pandang sangat bagus, oleh sebab itulah saya yakin ini merupakan investasi moral, termasuk amal zariah, karena pemberian sertifikat halal kepada UMKM yang dilakukan PT Pama. Nilai-nilai kebaikan yang ditebar selama inilah yang membuat PT Pama kembali ke Tabalong,” harapnya.

Hadir dalam penyerahan ini Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Yuhani, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Zulfan Noor, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, H M Faisal.*