TANJUNG – Untuk menjamu dan memberikan pelayanan bagi para jamaah yang akan melintasi jalan Pangeran HM Noor Tanjung menuju kota Martapura mengikuti haulan ke 15 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sakumpul, maupun yang akan kembali pulang menuju tempat tinggalnya, masyarakat Desa Barimbun Kecamatan Tanta juga turut berpartisipasi mendirikan Posko Rest Area.

Rest Area yang didirikan di Kawasan Jl PH M Noor tepatnya disimpang III Desa Warukin RT 10 yang berbatasan langsung dengan Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta.

Rest Area Warga Desa Barimbun ini mulai dibuka Rabu (26/2/2020) selama satu minggu dan akan ditutup Rabu (4/3/2020).

Setiap hari 2 X 24 jam Posko Test Area ini melayani jamaah haulan Guru Sekumpul yang singgah.

Sekretaris Desa Barimbun, Muhammad Pahrianor saat berada di Posko Rest Area Senin (2/3/2020) menjelaskan rest area Warga Desa Barimbun ini menyediakan hidangan makan minum bagi para jamaah haulan ke 15 Guru Sakumpul.

Rest area juga menyajikan bermacam jenis menu makanan dan sayuran seperti sayur gangan karuh, mandai, sayur rabung, sulur, dan jenis sayur lainnya khas Banjar.

Untuk lauk pauk ikan goreng, telor goreng dan yang lainnya. Untuk minuman juga beraneka minuman disediakan, mulai kopi hitam, kopi sachet, sirup, limus, teh biasa, teh es, dan air mineral. Tidak ketinggalan juga snack berupa macam-macam koe roti dan gorengan.

Pahrianor menambahkan didirikannya posko rest area ini terlaksana atas dukungan dan partisipasi seluruh warga masyarakat dan aparat perangkat desa yang secara suka rela membantu maupun memberikan dukung berupa bahan makanan minuman maupun dana.

Dalam memberikan layanan menjamu para jamaah yang singgah dilakukan para ibu rumah tangga dari pagi hingga jam 19.00 Wita, dan dilanjutkan bapak-bapak termasuk Aparat Desa Barimbun untuk malam harinya.

“Jadi kami memberikan layanan dua shiff,” ujar Pahrianor.

Sementara salah satu tokoh masyakat Desa Barimbun, H Abdul Azis, mengatakan posko rest area Desa Barimbun ini pertama kali diadakan, atas inisiatif Kepala Desa Barimbun, Adi Susanto beserta aparat desa yang didukung semua warga Desa Barimbun.

Pelayanan yang diberikan tidak hanya untuk makan dan minum, ada juga tempat untuk istirahat melepas lelah, tempat sholat dan ketersediaan mobil ambulance yang stand by 2 X 24 jam.

“Mudah-mudahan tahun-tahun yang akan datang kami bisa kembali berpartisipasi mendiri Podko Rest Area seperti ini, dan lebih besar lagi,” harapnya. (metro7/via).