METRO7.CO.ID, Tanjung – Prestasi membanggakan SMKN 1 Tanjung Kabupaten Tabalong yang meraih prestasi sebagai Juara Favorit Lomba Perpustakaan Sekolah SMA sederajat Tingkat Nasional tahun 2014 lalu, berulang lagi.

Kali ini, SMKN 1 Tanjung akan mewakili Provinsi Kalsal dalam lomba yang sama di tingkat Nasional setelah menjadi Juara I Lomba Perpustakaan Sekolah SMA sederajat Tingkat Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan tahun 2018 ini,yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI.

Menghadapi persiapan Lomba ditingkat Nasional itu, Rabu (1/8/218) tim Penilai/Tim Dewan Juri lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMA/SMK/MA sederajat melakukan penilaian terhadap Perpustakaan Sekolah SMKN 1 Tanjung.

Kedatangan rombongan Tim Penilai Perpustakaan Tingkaat Nasional dipimpin Ketua Tim Sudirwan Hamid yang didampingi Ny.Fathmi dan disambut langsung oleh Bupati Tabaalong H Anang Syakhfiani serta perwakilan Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, Direktur Pembinaan SMK Propinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan dunia dan Industri, Kepala/Perwakilan SMK se Banua Enam.

Kepala SMKN 1 Tanjung Hj.Lis Sulastrini mengatakan, disamping kegiatan Penilaian Perpustakaan Sekolah juga dilaksanakan kegiatan Job Matching.

kegiatan Penilaian Perpustakaan tingkat Nasional, kata dia, bertujuan melakukan verifikasi variabel indikator penilaian.

“Kita berharap semuanya dapat terpenuhi sehingga diharapkan bisa mengantarkan perpustakaan sekolah SMKN 1 Tanjung sebagai pemenang lomba perpustakaan ditingkat Nasional,” harapnya.

SMKN 1 Tanjung sendiri didirikan sejak tahun 1970 berdasarkan SK Nomor 009/0/1984 tanggal 20 Novembet 1984 yang sampai saat ini memikii guru PNS sebanyak 61 orang, guru tidak tetap 45 orang, Tenaga TU 17 orang, tenaga teknisi 2 orang, tenaga perpustakaan 4 orang, tenaga kebersihan 7 orang dan penjaga sekolah 4 orang, dengam jumlah siswa seluruhnya 2.002 siswa dari 8 kejuruan.

SMKN 1 Tanjung senantiasa terus berupaya melakukan trubusan untuk memberikan motivasi dan menumbuhkan minat baca terhadap siswa dengan mewajibkan kepada semua siswa untuk nembaca buku selama sepuluh menit setelah mereka melaksanakan sholat dhuha setiap pagi di lapangan sekolah.

Begitupula dengan perbendaharaan buku-buku diperpustakaan terus diupayakan peningkatan untuk melengkapinya dan terbukti bahwa, jumlah koleksi buku-buku yang ada diperpustakaan terus meningkat terdiri dari 2.838 judul dan jumlah buku yang ada 55.842 exampler, meliputi buku paket, buku produktif, buku-buku referensi dan buku-buku yang lainnya.

Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani, dalam sambutannya mengatakan, SMKN 1 Tanjung bisa tumbuh dan berkembang dengan baik karena salah perpustakaannya yang bagus dan nanti kalau dalam kegiatan Job Matching SMK ini banyak lulusan atau tamatan SMKN 1 Tanjung yang akan terserap dilapangan kerja itu menandakan sekolahnya bagus.

“Sekolah yang bagus ditandai dengan perpustakaannya yang bagus, oleh sebab itu ia berharap SMKN 1 Tanjung bisa dijadikan sebagai contoh bagi sekolah lainnya di Kabupaten Tabalong,” tegasnya.

Sementara Ketua Tim Penilai/Tim Juri Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Sudirwan Hamid menyampaikan, terkait penilaian perpustakaan di SMKN 1 Tanjung yang kebetulan Kalimantan Selatan merupakan yang termasuk nominasi 15 besar yaitu SMKN 1 Tanjung.

“Kami Tim Penilai Lomba Perpustakaan Tingjat Nasional ingin melihat langsung keberadaan perpustakaannya, kalau dari data yang ada memang sudah terbaca di Pusat, tetapi kami ingin melihat langsung untuk memastikan apakah sudah mamenuhi 9 aspek yang akan dijadikan sasaran penilaian dalam lomba perpustakaan, mulai dari Organisasi daripada SKMnya, Kokeksi, Layanan, Sarana dan prasarana, anggaranm inovasi dan yang tak kalah pentingnya adalah dukungan dan kepedulian dari Kepala Daerah,” pungkasnya. (Metro7/Via)