TANJUNG – DPD Partai Golkar Tabalong untuk kesekian kalinya berhasil mempertahankan kemenangannya di pileg 2014 Bumi Sarabakawa sekaligus memiliki tiket jabatan tertinggi di DPRD atau sebagai ketua DPRD. Senternya, jatah posisi sebagai ketua DPRD itu dipastikan akan diperebutkan tiga kader partai yang merupakan incumbent.
 Tiga kandidat itu adalah anggota DPRD Tabalong yang kembali terpilih untuk periode 2014-2019, yakni H Darwin Awie, Jurni dan Zainal Ilmi. Mereka sama-sama pengurus inti partai, seperti H Darwin Awie yang pernah menjabat Ketua DPRD. Lalu Jurni yang sudah tiga periode terpilih sebagai legislator sekaligus peraih suara terbanyak di pileg tadi dan menjabat Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Golkar Tabalong. Dan incumbent terakhir Zainal Ilmi Mahrudi seorang tokoh muda yang duduk sebagai ketua fraksi DPRD dan Ketua AMPG DPD Golkar Tabalong.
 “Kita siap melaksanakan perintah partai, namun fokus kita saat ini bukan itu, kita masih focus pada pilpres,” ucap H Darwin Awie saat ditemui di kantor DPD Golkar belum lama ini.
“Yang jelas apapun hasilnya kita siap melaksanakan perintah partai,  menunggu juklak dan juknis dari DPD Golkar Provinsi,” sambung Jurni yang ditemui terpisah.
 Sementara Zainal Ilmi mengatakan dia tentunya akan bersikap sama yakni taat dan patuh dengan aturan partai. Dan selalu siap apabila ditunjuk sebagai Ketua DPRD Tabalong. “Saya Insya Allah siap bila ditunjuk pihak DPD Golkar Kalsel sebagai ketua di Graha Sakata (DPRD Tabalong),” timpalnya.
 Sekretaris DPD Golkar Kalsel H Murhan Effendi saat dikonfirmasi mengatakan perihal menentukan jabatan sebagai ketua DPRD khususnya di Tabalong, di intern Golkar ada juklak dan juknisnya. Namun, pihaknya dari DPD Golkar Kalsel juga masih menunggu nama-nama bakal calon Ketua DPRD Tabalong yang saat ini belum disampaikan pihak DPD Golkar Tabalong.
Sementara itu, Sekretaris DPD Golkar Tabalong, H Iriani As’at mengatakan pihaknya akan segera menggelar rapat pleno untuk menjaring nama-nama bakal calon yang akan menduduki Ketua DPRD Tabalong. “ Nantinya hasil pleno sekaligus nama-nama bakal calon ketua DPRD bakal kita sampaikan ke pihak Golkar Provinsi,” sebutnya kepada Wartawan.
 Sekedar diketahui, Ketua DPD Golkar Kalsel H Abdussamad Sulaiman HB saat kunjungannya ke Tabalong sebelum digelarnya pileg sempat memberi motivasi kepada kadernya dan mengisyaratkan suara terbanyak akan jadi Ketua DPRD. Namun H Leman juga mensyaratkan suara terbanyak harus dari Incambent dan bisa juga bukan incumbent, tetapi harus berpengalaman semisal bekas atau pernah menjabat eselon II.   (zul fahmi)
Hasil Perolehan Suara Golkar di Pileg Tabalong

–          Jurni (incumbent) : 2.602 suara.
–          Zainal Abidin (fungsionaris) : 1.973 suara.
–          H Mawardi (fungsionaris) : 1.636 suara.
–          Darwin Awie (incumbent) : 1.224 suara.
–          Zainal Ilmi (incumbent) : 980 suara.