BATULICIN, metro7.co.id – Dalam rangka memenuhi hak baca dan peningkatan pembinaan kepribadian Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin wilayah Kabupaten Tanah Bumbu buka layanan pojok baca untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (10/1/2023).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Batulicin III Batulicin Bambang Hari Widodo mengapresiasi Layanan Pojok Baca yang dibuka oleh jajaran Pembinaan Lapas itu.

“Saya berharap pojok baca ini dimanfaat dengan baik oleh WBP, sebagai upaya peningkatan layanan Lapas Batulicin,” kata Bambang Hari Widodo saat membuka secara resmi pembukaan pojok baca.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pembinaan Lapas Kelas III Batulicin, Tarsah mengatakan bahwa hanya ada beberapa jenis buku yang tersedia dilayanan pojok baca, diantaranya buku-buku pembinaan kemandirian seperti kewirausahaan dan keagamaan yang secara selektif disediakan.

“Layanan pojok baca Lapas Kelas III Batulicin ini untuk pemenuhan hak baca dan peningkatan pembinaan kepribadian warga binaan disela menjalani masa pidana di Lapas,” jelasnya.

Kendati jumlah buku bacaan masih terbatas, lanjut Tasrah, namun antusias warga binaan sudah terlihat dalam pemanfaatan Layanan Pojok Baca.

Selain itu, untuk kelengkapan jenis buku pihak Lapas sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk melakukan peminjaman koleksi buku.

“Nampak antusias WBP memilih buku bacaan yang disediakan. Adapun layanan pojok baca tersebut dibuka dari hari Senin sampai dengan Kamis, jam 09.00 sampai 11.00 Wita,” ungkap Tasrah. *