TANAH BUMBU, metro7 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu, dalam rapat pleno terbuka, Sabtu (23/1), menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Zairullah Azhar – Muhammad Rusli sebagai pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah Tanah Bumbu Tahun 2020.

Ketua KPU Tanah Bumbu, Makhruri, disela penetapan di Gedung Mahligai Bersujud mengatakan bahwa penetapan paslon terpilih ini dilaksanakan setelah pihaknya mengeluarkan SK KPU Tanbu Nomor 03/PL.027-Kpt/631/KPU-Kab/I/2021, tentang Penetapan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Tahun 2020.

“Pasangan Zairullah Azhar – Muhammad Rusli nomor urut 3 di Pilkada Tanah Bumbu, memperoleh suara terbanyak, yaitu 104.234 atau dengan persentase 57,54 persen,” kata Makhruri, Sabtu (23/01/2021).

Dia juga mengatakan, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih merupakan wujud dari berjalannya suasana demokrasi yang baik di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Alhamdulillah penetapan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Tanah Bumbu dapat terlaksana tanpa adanya sengketa, artinya pelaksanaan Pilkada di Bumi bersujud ini dinyatakan bersih tanpa adanya masalah,” katanya.

Dia kembali menambahkan, setelah penetapan ini, selanjutnya DPRD Tanah Bumbu akan menggelar rapat paripurna istimewa pengumuman pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu terpilih.

“Jadi setelah DPRD menggelar rapat paripurna, maka selanjutnya tinggal pemberkasan dan diteruskan Pemerintah Daerah untuk diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri,”

Sementara itu, Bupati Terpilih Zairullah Azhar dan Wakilnya Muhammad Rusli yang didampingi sejumlah tokoh dari partai pengusung mengucapkan syukur dan siap menjalankan amanah untuk masyarakat Tanah Bumbu.

“Alhamdulillah, semuanya berkat perjuangan bersama masyarakat hingga akhirnya ditetapkan sebagai bupati terpilih,” katanya.

Dalan rapat pleno penetapan tersebut juga dihadiri Perwakilan KPU Provinsi, Kapolres Tanbu, Kasdim 1022/TNB, Bawaslu dan partai pengusung serta Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tanbu. ***