Peringatan Harkitnas Peserta Napak Tilas
Kandangan — Para peserta Napak Tilas yang berjumlah 475 orang, Senin (20/5) tadi, mengikuti upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Monumen Proklamasi Kemerdekaan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Desa Mandapai Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Peringatan ini dilaksanakan bertepatan dengan kesiapan keberangkatan peserta dari etape ke tiga, menuju etape ke empat Kampus Perjuangan yang ada di Desa Karang Jawa Kecamatan Padang Batung.
Letnan Satu (Lettu) Bambang dari TNI Angkatan Laut Banjarmasin selaku inspektur upacara dalam arahannya mengatakan, seiring dengan dilaksanakannya napak tilas yang diikuti oleh para remaja dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kalimantan Selatan, diharapkan semangat perjuangan yang dimiliki para pahlawan dapat tertanam dengan baik di jiwa para pemuda yang ada saat ini. Apalagi kegiatan napak tilas yang dilaksanakan ini, juga bertepatan dengan memperingati Harkitnas tanggal 20 Mei.
Seiring dengan itu pula, katanya, semangat membangun dan semangat perjuangan yang dimiliki harus terus ditanamkan pada generasi muda yang ada.
Sebelum mengakhiri arahannya, Lettu Bambang juga berharap agar peserta napak tilas agar terus bersemangat dalam menyelesaikan kegiatan yang diikuti selama empat hari. “Terus tanamkan semangat pantang menyerah dan berusaha bangkit dari kebodohan. Sehingga bangsa ini akan semakin kuat,” ujar Bambang berpesan kepada peserta napak tilas.
Setelah upacara dilaksanakan, pelepasan peserta dilakukan oleh Camat Padang Batung Drs Saipul Bahri, dengan mengibarkan bendera start. Seiring dengan dikibarkannya bendera start ini, peserta napak tilas mulai bergerak meninggalklan Desa Mandapai menuju Desa Karang Jawa.
Dari keterangan Saipul Bahri, kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota KNPI, dengan mengkonsentrasikan pemuda se Kalimantan Selatan pada kegiatan napak tilas. Adalah hal yang patut diacungi jempol. Sebab, kegiatan yang dilaksanakan ini sangat berperan dalam jiwa generasi muda yang nantinya akan menjadi penggerak pembangunan.
Peserta napak tilas yang datang dari berbagai kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Selatan ini, memiliki semangat yang tinggi dalam menyelesaikan kegiatan. Buktinya, meskipun ada beberapa peserta yang tidak sanggup menyelesaikan perjalanan. Namun, yang melanjutkan juga masih cukup banyak. Sehingga kegiatan napak tilas dapat berjalan dengan baik dan lancar. (Metro7/Fit)