BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) mendirikan dapur umum di Kecamatan Haruyan.

Plt Kepala Dinsos PPKB PPPA Wahyudi Rahmad mengatakan, hal tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkab HST terhadap bencana yang menimpa warga di Kecamatan Haruyan, yaitu bencana banjir.

“Maka, Sabtu (25/2), kami bersama Camat Haruyan membuka dapur umum untuk menyediakan makanan siap saji bagi warga yang terdampak,” jelasnya, Minggu (26/2) pagi.

Ada sekitar 900 lebih nasi bungkus yang dibagi, ujarnya, itu sesuai hasil pendataan yang dilakukan Camat dengan para Pembakal yang desanya terdampak bencana.

“Dapur umum dibuka dari semalam hingga pagi ini saja, sebeb berdasarkan laporan Camat, kondisi di lapangan sudah mulai kering dan insya Allah siang ini sudah bisa beraktivitas normal,” katanya.

Pembagian nasi bungkus selain dibantu dari Tagana Dinas Sosial PPKB PPPA, juga dibantu personil Kampung Siaga Bencana (KSB), Baznas HST, Pemerintah Kecamatan, Desa dan relawan.

“Untuk saat ini baru di Haruyan didirikan dapur umum, kecuali ada perkembangan lain, kami bisa bergeser sesuai kebutuhan. Semoga bencana ini segera berakhir dan warga dapat beraktivitas secara normal kembali seperti semula,” tutupnya.