Dian Novianti, S.Pd
Wakasek Bidang Kesiswaan SMP Hasbunallah
Rahmiatul Asiah,S.Pdi
Wakasek bidang kutikulum SD Hasbunallah
 TANJUNG – Keberadaan Yayasan Hasbunallah Wanimal Wakil di kabupaten Tabalong sebagai lembaga pendidikan swasta yang turut andil berperan memajukan bidang pendidikan untuk mencerdaskan anak-anak didik sebagai penerus generasi bangsa yang berkarakter serta memiliki akhlak kepribadian intelektual cerdas, beriman dan bertakwa, Yayasan Hasbunallah yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Tabalong mulai didirikan pada tahun 2006, yang diawali dengan gagasan seorang tokoh agama terkenal di Tabalong ustadz H.Akhmat Sanusi yang lebih dikenal Ustadz Jaro ini, keinginan tokoh agama di daerah ini untuk mewujudkan satu lembaga pendidikan yang berkualitas dan memiliki ciri khas pendidikan Islam.
Pada waktu itu mendapat dukungan dari salah seorang pengusaha yang mengelola usaha pengembang perumahan (property) H.Nurdin Sa’ad, dimana ia menyumbangkan sebidang tanah yang terletak di komplek perumahan Swadarma Lestari di kelurahan Mabuun untuk awal pembangunan SD Hasbunallah, tidak hanya itu H.Nurdin Sa’ad juga memberikan bantuan fasilitas ruko miliknya untuk digunakan ruang belajar mengajar, kantor sekolah dan musholla.
Kemudian pihak Yayasan Hasbunallah menggalang kemitraan dengan perusahaan PT.PamaPersada Nusantara (PT.Pama) untuk membangun gedung sekolah SD dan dengan dukungan anak perusahaab United Tractors ini bangunan gedung SD bisa terwujud
Seiring upaya pengembangan terhadap Yayasan Hasbunallah Wani’mal Wakil yang dilakukan oleh para pendiri, pengurus dan Pembina yayasan serta dukungan dari berbagai pihak sekarang ini Yayasan Hasbunallah didalamnya sudah ada sekolah TK, SD, SMP dan SMA Plus.
Perjalanan kegiatan pendidikan di Yayasan Hasbunallah yang sekarang ini dipimpin Ketua Yayasan H.Tarsi Mugeni mantan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Tabalong telah banyak mencetak siswa-siswi berprestasi yang bisa dibanggakan.
Menurut Wakil Kepala sekolah (Wakasek) bidang studi SD Hasbunallah Rahmatiatul Asiah, cukup banyak prestasi juara berbagai lomba yang diraih siswa siswi SMP maupun SMA Plus, seperti halnya tahun 2016 ini dalam kegiatan lomba studi MIPA tingkat kecamatan se kabupaten Tabalong siswa SD Hasbunallah berhasil meraih peringkat juara II dan III, kemudian mereka juga diikutkan dalam lomba di tingkat propinsi namun belum berhasil.
Sedangkan untuk lomba nyanyi Islam, tartil, kaligrafi siswa SD Hasbunallah berhasil meraih untuk lomba tartil sebagai juara harapan I, dan lomba nyanyi Islami berhasil meraih juara harapan III, ada juga kegiatan lomba FLS2N yang dilaksanakan Dinas Pendidikan kabupaten Tabalong berhasil meraih juara I, lomba pidato dan cerita bergambar berhasil meraih juara I juga.
Siswa yang berhasil meraih juara I pada lomba pidato di tingkat kabupaten akan diikutsertakan dalam lomba pidato di tingkat propinsi pada tanggal 23 dan 24 April di Banjarmasin.
Prestasi lainnya untuk tahun 2016 ini adalah lomba menggambar dan versi SMPHasbunallah 2015-2016 meraih sebagai juara I, dan juara III lomba adzaan juga dalam lomba Ranking I, juara Harapan III dalam lomba BTQ kompetensi Baca tulis Al Qur’an, Nasyid (menyanyi Islami) tingkat propinsi, juara harapan I lomba baca Alqur’an putri tingkat propinsi, juara I OSN Matematika, juara I OSN IPA tingkat kabupaten, juara II dan IV lomba MTQ pada kegiatan hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-70.
Sedangkan prestasi yang diraih siswa SMP Hasbunallah menurut penjelasan wakil kepala sekolah (wakasek) bidang kesiswaan SMP Hasbunallah, Dian Nopianti cukup banyak juga prestasi yang diraih siswa-siswi diantaranya : juara I lomba bercerita, dalam kegiatan Addurun Nafis, juara I Daiyah Addurun Nafis, juara II Pionering pada HUT Gudep, juara II Bakisah dalam kegiatan lomba yang dilaksanakan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, juara II OSN IPS tingkat kabupaten dan juara II OSN IPA lomba yang dilaksanakan Dinas Pendidikan.
Wakasek bidang kurikulum SD Hasbunallah Rahmiatul Asiah berharap sekolah Hasbunallah bisa semakin maju dan para santri bisa bersaing sampai ke tingkat Nasional. (metro7/via)