TANJUNG – Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani  pada Kamis (1/12) siang menggelar Ekspose dan jumpa pers bertempat di Wisma Pendopo Bersinar Tanjung, dengan mengundang beberapa awak media cetak dan elektronik dan para pegiat LSM di Tabalong.
Turut mendampingi Bupati pada kegiatan itu Sekda H.Abdul Muthalib Sangaji, Asisten Ekobang Hj.Hamidah Munawarah dan Kabag Humas Zahirsyah Manuar, hadir para Kepala SKPD, para camat, petugas UP3 kecamatan, tidak ketinggalan juga hadir tokoh pers Tabalong selaku Ketua PWI Tanjung Balangan dan Ketua PWI  Kabupaten Tabalong – Balangann Sabirin HA Syukran Nafis.
 Dalam kesempatan ekspose dan jumpa pers menyambut peringatan hari jadi (Harjad) Ke-51 kabupaten Tabalong yang kali ini bertemakan “Menuju Tabalong Bersinar dan Bermartabat”. Bupati memaparkan beberapa pelaksanaan kegiatan pembangunan yang sejalan dengan 12 program prioritas yang telah ditetapkan sejak awal kepemimpinan bupati-wakil bupati dan hingga saat ini sudah berjalan selama dua tahun sembilan bulan, nampak terasa dan terbukti pemerataan pembangunan sampai ke penjuru desa-desa di semua kecamatan. Seperti halnya pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di pelosok desa yang dahulu terisolir.
Memasuki tahun 2017 Bupati mengatakan, merupakan tahun pelayanan dasar, dari tema Harjad Ke-51 Menuju Tabalong Bersinar dan Bermartabat, seperti yang pernah Bupati katakan Tabalong Bersinar adalah Tabalong yang terus melangkah maju dimana masyarakatnya makin sejahtera, pendapatan masyarakat dan pembangunan meningkat sedangkan sasaran pembangunan untuk memanusiakan manusia dan menjadikan orang Tabalong menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.
 Sebagaimana dua belas program prioritas yang telah ditetapkan dimana dalam poin nomor 1 “Mewujudkan pemerintahan yang melayani” telah berjalan baik sebagaimana indikatornya di pelayanan perizinan melalui Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT),, sebelum didirikan BPMPT urusan perizinan yang bisa dilayani hanya 76 perizinan dan setelah BPMPT berdiri sampai saat ini ada 85 jenis perizinan yang bisa dilayani pemerintah daerah, tetapi dari 85 jenis perizinan baru bisa berjalan sebanyak 30 jenis perizinan, karena yang 55 jenis perizinan belum ada masyarakat maupun dunia usaha yang memerlukan ke 55 jenis perizinan itu.
 Dalam memberikan pelayanan perizinan BPMPT sebagaimana SOP akan selesai dalam 5 hari kerja tetapi realitanya maksimal 5 hari bahkan 3 hari perizinan bisa selesai dan dari 85 jenis perizinan hanya dua jenis perizinan yang dikenakan biaya yaitu : Retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) dan HO yang lainnya gratis.
 Terkait dengan gerakan Nasional untuk sapu bersih pungutan liar, Bupati menegaskan tidak ada pungutan apapun diluar dari izin IMB dan HO. Untuk itu pula Bupati meminta kepada semua Kepala SKPD agar membuat spanduk/baliho di muka kantor masing-masing yang bertuliskan “Anda memasuki kawasan bebas pungli”.
 Masalah pelayanan perizinan di Tabalong dirasakan sangat berkaitan dengan investasi di Tabalong saat ini tahun 2016, kabupaten Tabalong sebagai kabupaten di Kalimantan Selatan khususnya sebagai kabupaten yang terbanyak kegiatan investasi.
 Begitu juga dengan pelayanan-pelayanan lainnya termasuk pelayanan kesehatan sudah dirasakan banyak sekali peningkatannya.
 Hari jadi (Harjad) ke-51 kabupaten Tabalong yang jatuh pada tanggal 1 Desember akan dilaksanakan puncak peringatan pada 6 Desember 2016 yang rencananya akan dihadiri Gubernur Kalsel yang sekaligus akan meresmikan beberapa proyek pembangunan dan mengukuhkan panitia pelaksana Porprov X 2017 yang akan dilaksanakan di Tabalong tahun 2017. (metro7/vino)