Tamiang Layang — Ampera Ariyanto Y Mebas SE dan H Suriansyah SKM resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur (Bartim) periode 2013-2018. Pelantikan pasangan AMAN ini dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Tengan Agustin Teras Narang di Ruang Rapat DPRD Bartim, Jumat (26/7) tadi.
Pelantikan ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri RI No 131.62-4792 tahun 2013, tanggal 25 Juli 2013, tentang pengangkatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bartim.
Dalam sambutannya, Teras mengatakan dengan dilantiknya pasangan Ampera – H Suriansyah maka seluruh rangkaian proses Pemilukada Bartim telah selesai dilaksanakan. Segala hal yang berkaitan dengan Pemilukada telah berakhir seiring dengan adanya keputusan dari Mahkamah Konstitusi. “Dengan pelantikan ini, dinyatakan proses Pemilukada di Bartim telah berakhir dengan Ampera dan H Suriansyah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode 2013-2018,” katanya.
Teras meminta bupati dan wakil bupati yang baru agar tidak segan-segan berkonsultasi dengan gubernur. Diterangkannya, gubernur maupun bupati adalah pelayan masyarakat yang harus siap setiap saat mengabdi kepada seluruh warga Bartim. “Kepada bupati dan wakil bupati yang baru, diharapkan dapat mengabdi kepada masyarakat dan siap membantu demi kepentingan masyarakat,” tambah Teras.
Tidak lupa juga, Teras mengucapkan terima kasih kepada mantan Bupati dan Wakil Bupati Bartim, Drs H Zain Alkim dan Ir Yuren S Bahat atas pengabdian dan partisipasinya dalam membangun Kalteng, khususnya di Kabupaten Bartim.
Acara pelantikan dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari kepala daerah sebelumnya kepada bupati dan wakil bupati yang baru dilantik. Karena mantan Bupati H Zain Alkim tidak dapat menghadiri undangan pelantikan maka serah terima jabatan ini hanya dilakukan oleh mantan Wakil Bupati Yuren S Bahat kepada Ampera Ariyanto Y Mebas dan H Suriansyah.
Ampera mengatakan dia akan menjalankan visi dan misi yang disampaikan setiap kali mengenalkan diri pada pencalonan bupati dan wakil bupati saat proses pemilukada lalu. “Masyarakat pun berharap kepastian realisasi mengarah kepada peningkatan kesejahteraan hidup dan keadilan dalam menjalankan hak dan kewajiban di setiap aspek kehidupan, konsep pembangunan dan penyelenggaraan roda pemerintahan yang tertuang dalam visi misi itu tidak memotong semua konsep pembangunan yang telah dan masih akan dilaksanakan oleh Bupati H Zain Alkim. Dengan demikian maka pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan akan terintegrasi dan berkelanjutan,” katanya.
Maka dari itu di awal kepemimpinannya sebagai Bupati Bartim, tidak akan lepas dari visi dan misi yang disampaikan selama ini. Selain itu juga dilakukan pembenahan di internal pemerintahan Kabupaten Bartim yang menyangkut sumber daya manusia (SDM) pegawainya.
Usai pelantikan, Kepala Desa Tampa, Dubinata, kepada Metro7 mengharapkan Ampera dan H Suriansyah bisa memberikan perubahan terhadap kemajuan pembangunan daerah Bartim pada lima tahun mendatang. “Kita berharap kedepannya bisa menyalurkan aspirasi masyarakat terhadap kemajuan pembangunan Bartim sesuai dengan visi dan misi yang disampaikan oleh Bapak Ampera saat kampanye agar benar-benar dilaksanakan untuk memberikan perubahan terhadap kemajuan pembangunan Kabupaten Barito Timur dan memberikan dampak positif terhadap roda perekonomian masyarakat,” harapnya.
Sementara salah seorang tokoh masyarakat Raren Batuah, Bantaraya Nasius, menambahkan agar terjalinnya jaringan komunikasi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah daerah dan tidak membedakan golongan, ras, suku dan agama agar bisa terciptanya hubungan yang harmonis antara satu dan yang lainnya. “Sehingga kedepannya Bartim bisa lebih baik dan lebih maju lagi, serta masyarakat bisa merasakan dampak positif kemajuan pembangunan. Khususnya bidang kerakyatan dan insfaktruktur pembangunan,” katanya. (Metro7/MJ/Sigit/Ali/Fauzi)