Agustin Teras  Narang
Gubernur Kalteng
Palangkaraya — Setelah sempat beredar isu penundaan, akhirnya pelantikan Ampera Ariyanto Y Mebas – H Suriansyah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2013 mendatang. Kepastian itu didapatkan setelah Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengantongi Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri.
Gubernur kini sudah mengantongi SK pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur bersamaan Kabupaten Lamandau, Sukamara, Seruyan, Katingan, Pulang Pisau dan Murung Raya periode 2013-2018. Rencananya, minggu ketiga bulan Juli 2013 ini, tujuh kepala daerah terpilih dalam pesta demokrasi itu akan dilantik.
 Teras Narang memastikan akan melantik langsung, saat ini agenda pelantikan beserta jadwalnya sudah tersusun rapi dan lengkap dengan skenario perjalanannya. SK Mendagri tersebut untuk kepala daerah tujuh kabupaten di tangani oleh Pemprov Kalteng.
“Jadwal pelantikan sudah ada, tinggal pelaksanaan pelantikan,” tegas Gubernur Kalteng Teras Narang. di sela acara buka puasa bersama jajaran Pemprov Kalteng, di Aula Jayang Tingang, kantor Gubernur Kalteng, di Palangkaraya, Selasa (16/7) sore.
Dia juga menjelaskan Teknis pelaksanaan pelantikan, Teras bakal melantik ke tujuh bupati itu secara maraton, di daerah masing masing. Jadi tidak serentak di satu tempat di Palangkaraya, namun rencananya, dua kabupaten hasil peme¬karan Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau dan Sukamara, direncanakan Senin, 22 Juli 2013. Hari berikutnya, Selasa,  23 Juli 2013, Bupati dan Wakil Bupati Seruyan dilantik di Kuala Pembuang.
“Sedangkan Pada 24 Juli 2013 pagi, di Katingan, dilanjutkan sorenya meluncur ke Kabupaten Pulang Pisau. Dua hari berselang, Jumat, 26 Juli 2013, mantan Ketua Komisi II DPRI  dijadwalkan melantik Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya dan Barito Timur,” jelas Teras.
Kabupaten Lamandau dan Sukamara dilakukan di hari yang sama, karena harus ditempuh dengan helikopter. Untuk Seruyan cukup menggunakan pesawat udara, karena hari itu hanya ada satu kepala daerah yang dilantik sedangkan Katingan dan Pulang Pisau, saya akan menempuh jalur darat, urai Teras.
Untuk Kabupaten Barito Timur (Bartim) dan Murung Raya (Mura), agar pe¬lantikan sesuai dengan jadwal, tak ada jalan lain yaitu harus menggunakan pesawat. Pagi di Bartim dan sorenya di lanjutkan ke Mura, sehingga tak mungkin menggunakan jalur darat.
Tujuh bupati dan wakilnya yang bakal dilantik itu, yaitu  Akhmad Yantenglie-Sakariyas di Katingan, Sudarsono-Yulhaidir di Seruyan, Perdie M Yoseph-Darmaji di Mura. Ahmad Dirman-Windu Subagio di Sukamara, Edy Pratowo-Pudji Rustaty Narang di Pulang Pisau, Ampera AY Mebas – H Suriansyah di Bartim dan Marukan-Sugiyarto di Lamandau. (RZ/B-1/Li).