TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Berbagai lomba permainan rakyat akan meriahkan Festival Nansarunai Jajaka tahun 2023 di Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan menjadi ajang pelestarian adat budaya lokal. Kegiatan Festival dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur pada 5 sampai dengan 7 Mei 2023.

“Hari ini pembukaan dilanjutkan dengan fashion karnaval, dilanjutkan dengan parade tari gelang dan parade band etnik,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga atau Disbudparpora Kabupaten Barito Timur Dra. Herawani, MM usai mengikuti rangkaian pembukaan festival, Jumat 5 Mei 2023.

Besok dilanjutkan dengan lomba makanan tradisional, Malamang (membuat lemang), kemudian juga lomba permainan tradisional Manyipet dan Balogo, parade band etnik dan dilanjutkan  parade tari gelang, lanjutnya.

“Lomba permainan tradisional Balogo, Bagasing dan Manyipet ini pemenangnya akan dibawa ke Festival Iseng Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 27 mei mendatang, event ini merupakan event berkelanjutan, di Palangka Raya nanti ada juga fashion karnaval, jadi akan kita bawa yang juara 1, 2 dan 3,” ungkap Herawani.

Menurutnya Festival Nasarunai Jajaka merupakan event tahunan Disbudparpora Kabupaten Barito Timur yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk melestarikan adat dan budaya pada umumnya hususnya Barito Timur.

“Kami mohon dukungan masyarakat Barito Timur agar ada dan budaya kita dapat dilestarikan dan anak cucu kita mengenal adat budaya dan olahraga tradisional yang kita miliki,” pungkasnya. ***