TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Pelantau, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur (Bartim), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) kepada  85 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di kantor desa setempat, Rabu (21/12/2022).

Kepala Desa Muara Pelantau, Haidi, melalui Kasi Pemberdayaan Desa, Nurma Yunita mengatakan, bantuan sosial kompensasi dari kenaikan harga BBM ini berasal dari Pemerintah Provinsi Kalteng.

Nurma menjelaskan, pendistribusian atau penyaluran tadi langsung secara tunai. Semua penerima diundang untuk mengambil dananya di kantor desa. Mereka hanya membawa photocopy KTP dan Kartu Keluarga sebagai peryaratanya.

”Semua KPM yang sudah ditentukan dapat BLT BBM sudah menerima uangnya. Mereka menerima dari bulan Oktober sampai Desember, dengan total uangnya sebanyak Rp. 600.000,” katanya.

Norma memaparkan, sebenarnya data dari Pemerintah Provinsi Kalteng dan turun kekecamatan untuk Desa Muara Pelantau terkait BLT BBM itu jumlahnya ada sebanyak 124 KPM, namun karena sebagian ada yang terdata sudah mendapatkan bantuan sosial atau Bansos seperti PKH dan BPNT, maka mereka yang sudah dapat bantuan tidak pihaknya salurkan.

“Semua KPM ini sudah terdata di Kecamatan Pematang Karau. Kami hanya menyalurkan saja, dan yang kami salurkan inipun adalah warga yang tidak pernah dapat bantuan PKH dan BPNT,” ungkapnya.

Ia bersyukur, proses penyaluran bantuan berjalan kondusif. Tidak ada hambatan maupun kejadian yang tidak diinginkan, masyarakat turut menjaga ketertiban dan keamanan.

”Alhamdulillah kondusif dari awal sampai akhir penyaluran. Semoga bantuan dampak dari naiknya BBM ini bermanfaat,” pungkasnya. ***