Kartini, S.Pd Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Bartim
Tamiang Layang – Mobil perpustakaan keliling milik Pemerintah Kabupaten Bartim sering mogok. Akibatnya, pelayanan kepada masyarakat jadi terganggu.
“Sangat mengganggu kelancaran pelayanan keliling perpustakaan, karena mobil ini sering mogok,” ungkap Kartini, Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Bartim, baru-baru tadi.
Menurutnya, satu-satunya mobil perpustakaan keliling itu merupakan bantuan pemerintah pusat sembilan tahun lalu. Karena sudah termakan usia, mobil itu kini sering mogok sehingga pihaknya tidak bisa menjangkau daerah yang jauh dari Kota Tamiang Layang. “Kalau boleh dibilang, pelayanan mobil keliling ini tinggal 50 persen saja. Pelayanan hanya di lokasi yang dekat dengan kantor kami,” tuturnya.
Oleh karena itu ia mengharapkan perhatian dari pemerintah daerah dengan mengalokasikan dana untuk pengadaan mobil perpustakaan keliling yang baru. Hal ini dinilainya sangat penting karena wilayah Kabupaten Bartim sangat luas sehingga dibutuhkan kendaraan roda empat untuk menyusurinya.
Selain itu, Kartini juga mengharapkan tambahan buku baru untuk koleksi perpustakaan yang dipimpinnya. Kini koleksi buku yang dimiliki kebanyakan hanya terbitan tahun 2007. Jumlahnya pun relatif masih sedikit, yakni hanya sekitar 6000 buah. Metro7/MJaya