TAMIANG LAYANG – Akhirnya mobil perpustakaan keliling milik kantor Perpustakaan arsif dan Dokumentasi Kabupaten Bartim, yang sempat rusak karena kondisinya dimakan usia, kina sudah di perbaiki dan bisa dimanfaatkan kembali untuk keperluan operasional perpustakaan keliling dalam melakukan pelayanan.            
Kepala Perpustakaan Arsif dan Dokumentasi Kabupaten Barito Timur, Kastian ketika ditemui Metro7 dikantornya belum lama ini, mengatakan rencananya dalam pertengahan juni ini pihaknya akan melakukan pelayanan perpustakaan keliling, dengan sasaran mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan baik yang berada jauh pada ibu kota Kabupaten maupun yang dekat dengan kabupaten.            
“Selain itu juga, pihaknya akan mengunjungi desa-desa yang belum memiliki perpustakaan desa, dan hal ini sudah kita jadwalkan untuk melakukan pelayanan perpustakaan keliling, dan nantinya akan rutin kita lakukan setiap harinya,”kata Kastian.
Kastian juga menjelaskan untuk Kabupaten Barito Timur sudah memiliki 31 perpustakaan desa, sehingga nantinya yang sudah memiliki perpustakaan desa tidak perlu lagi dikunjungi hanya sebatas pembinaan saja tentang tata cara perpustakaan yang ada di desa, dan kedepannya juga akan memberikan penambahan buku-buku baru untuk setiap perpustakaan yang ada di desa, dan akan dilakukan secara bertahap.
 Selain itu untuk tahun 2015 nanti, pihaknya akan merencanakan untuk peningkatkan perpustakaan yang ada di desa, yaitu dengan  melakukan penambahan  7 perpustakaan desa dan hal ini dilakukan agar masyarakat maupun aparat desa bisa dengan mudah membaca dan menambah wawasan dan bisa meningkatkan SDM.
 Dia juga berharap dengan adanya program dan langkah-langkah dari kantor perpustakaan Bartim, tentang perpustakaan keliling dapat memberikan dampak positif bagi setiap masyarakat yang dikunjungi dan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan mereka masing-masing dengan banyak membaca. (Ali/Rul/Metro7)