Tamiang Layang — Hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus diperingati di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Barito Timur.
Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, memimpin langsung peringatan Hari Pramuka ke-52 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bangi Wa’o, Rabu (14/8) belum lama tadi.
Dalam sambutannya, Ampera mengatakan kegiatan Pramuka adalah suatu ajang untuk membentuk karakter kaum muda menuju yang lebih baik. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kaum muda untuk lebih meningkatkan kemandirian dalam kehidupan sehari hari.
“Pramuka adalah ajang pembentukan karakter kaum muda. Kaum muda diharap dapat meningkatkan kemandirian dalam berkehidupan sehari-hari,” papar Ampera.
Ampera menuturkan, pada era globalisasi seperti sekarang ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Tentunya, hal tersebut harus diimbangi dengan  budi pekerti yang baik agar tidak disalahgunakan. “Kaum muda diharapkan dapat mengeimbangi perkembangan zaman yang semakin maju. Tapi hal tersebut harus disertai dengan budi pekerti yang luhur,” tutur Ampera.
Lebih lanjut, orang nomor satu di Bartim ini menegaskan bahwa menyelenggarakan pendidikan untuk kaum muda adalah kewajiban dan tanggung jawab kita bersama. Terlebih, banyak terjadi permasalahan yang menyangkut penyalahgunaan narkoba, perkelahian, maupun pergaulan bebas yang dinilai dapat merusak generasi muda.
“Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi kegiatan yang positif untuk menghindarkan kaum muda dari permasalahan seperti narkoba, pergaulan bebas, dan perkelahian,” pungkas Ampera. (Metro7/MJ/Sigit)