TAMIANG LAYANG – Salah satu perusahan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Barito Timur, PT  Sawit Graha Manunggal (SGM), memiliki kepedulian yang tinggi terhadap karyawan dan masyarakat. Perusahaan yang beroperasi di Desa Muru Tuwu Kecamatan Paju Epattelah mendirikan Poliklinik dan Koperasi Karyawan Graha Makmur.
Regional Manajer PT SGM, Zulkifli SE, ketika ditemui Metro7 belum lama ini mengatakan, pembangunan Poliklinik dan Koperasi Karyawan Graha Makmur ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat setempat dan karyawan yang bekerja di perusahan tersebut.
 “Poliklinik dan Koperasi Karyawan Graha Makmur ini salah satu kepedulian perusahan yang dibina langsung untuk membantu dan mensejahterakan karyawan dalam hal kebutuhan bahan–bahan perlengkapan rumah tanggga dan sembako agar karyawan tidak jauh lagi pergi belanja ke pasar desa maupun pasar induk yang ada di kabupaten, maka dari itu pengelolaan koperasi berasal dari karyawan dan masyarakat setempat,”ungkap Zulkifli.
Pria yang akrab dengan wartawan ini juga menambahkan untuk tenaga medis Poliklinik sebanyak dua orang yang direkrut dari putra putri daerah Bartim sendiri. Seperti dari Desa Jaweten Kecamatan Dusun Timur dan Desa Balawa Kecamatan Paju Epat. “Mereka ini menjadi karyawan kita untuk membantu dalam bidang kesehatan,” tambahnya.
Selain itu, PT SGM juga menyediakan dua buah bus untuk alat
transportasi bagi siswa dan siswi yang bersekolah ke Tamiang Layang. Serta telah membangun fasilitas pendidikan yaitu gedung SD di Desa Dayu dan gedung TK di Desa Muru Tuwu.
Masyarakat sangat berterima kasih atas kepedulian PT SGM. Seperti yang diungkapkan oleh Jon, warga Desa Muru Tuwu, selama ini ia menilai masyarakat merasa terbentu atas kepedulian pihak perusahaan. Ia juga berharap hal ini menjadi contoh bagi perusahaan lainnya supaya turut memperhatikan masyarakat sekitar operasionalnya. Metro7/Ali