Mahudi. S. Dalib. S.pd.MM
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab Bartim.
TAMIANG LAYANG- Pengelolaan pabrik rotan yang ada di Kecamatan Pematang Karau milik Kabupaten Barito Timur, saat ini mulai dilirik oleh investor dari Cerbon, oleh sebab itu dinas perindustrian dan perdagangan mulai mempelajari barter kerjasama dari pihak ketiga tersebut.
Kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupeten Barito Timur Mahudi. S. Dalib mengatakan saat ini ada investor dari Cerbon yang ingin melakukan kerjasama dengan Kabupaten Bartim, terkait dengan pengelolaan dan pendistribusian rotan yang dimiliki saat ini.
 “Karena nya barter kerjasama ini sudah ada menjalin rapat dan saat ini sudah tahapan sosialisasi antara pemerintah daerah dengan pihak investor dari Cerbon, makanya dari dinas terkait masih menunggu kesiapan dan kesanggupan dari pemerintah daerah dalam melakukan jalinan kerjasama tersebut,”ungkap Mahudi.
Masih kata Mahudi, untuk bahan mentah dan setengah jadi rotan dari Kabupaten Bartim mampu untuk menyediakan bahan tersebut, kepada pihak ketiga, maka dari itu jalinan kerjasama ini sangat baik untuk kemajuan Bartim. karena apabila rotan yang ada di Kabupaten kita terkelolan dengan baik, maka akan menambah PAD Bartim untuk kesejahteraan pembangunan daerah.
Dia juga menambahkan sebaiknya rotan sebelum dikirim ke pihak ke tiga, rotan tersebut harus melalui perusahaan daerah dulu agar pengawasan bagi pemerintah setempat bisa benar-benar terlaksana dan berjalan dengan baik. maka saat ini jalinan kerjasama dengan pihak ketiga masih menunggu kepastian dari pihak pemerintah daerah dalam budidaya rotan dan pengembangan yang di miliki Kabupaten Bartim saat ini.
Dengan adanya jalinan kerjasama kepada pihak ketiga dalam pengelolaan rotan tersebut, diharapkan kepada pemerintah daerah nya agar dapat menerima pihak investor yang siap dalam menjalin kemitraan kerjasama nya, dalam pengelolaaan dan pengembangan rotan yang dimiliki oleh Kabupaten Bartim. (Ali/Rul/Metro7)