Tamiang Layang–Bupati Barito Timur, Drs Zain Alkim meresmikan mushola Al Ikhlas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Dusun Timur, baru-baru tadi. Pembangunan mushola ini menghabiskan dana Rp 100 juta yang sebagian merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Bartim. Pada kesempatan itu Zain Alkim juga menyerahkan hibah tanah kepada MAN Dusun Timur.
Peresmian mushola dan penyerahan hibah tanah ini bertepatan dengan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-67 yang dilaksaksanakan di halaman MAN Dusun Timur. Dalam upacara yang dilaksanakan secara sederhana itu Bupati Bartim Drs Zain  Alkim membacakan sambutan Menteri Agama Surya Darma Ali.
Dalam sambutan tertulisnya Menteri Agama mengatakan, tahun lalu Kementerian Agama memperoleh predikat WTP dari BPK RI. Menurutnya ini merupakan jawaban bahwa Kementerian Agama bersungguh–sungguh untuk menjawab opini negatif yang berkembang selama ini. Maka dari itu melalui peringatan HAB ke-67 tahun ini mengambil tema meningkatkan kinerja Kementerian Agama dengan Profesionalitas dan Integritas.
Menteri Agama meminta komitmen seluruh jajarannya agar bekerja secara profesional dan memiliki integritas. Maka dari itu ia berharap agar seluruh aparatur Kementerian agama dapat memperbaharui paradigma yaitu bekerja secara dinamis dan proaktif melalui sinergi dengan unit dan lembaga lain, baik secara internal maupun secara eksternal guna memenuhi tuntutan dinamika Kementerian Agama dan dinamika masyarakat.
“Sehingga melalui peringatan HAB ini marilah kita meningkatkan keimanan serta amal dan ibadah kita kepada Allah SWT dan meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas serta menjalin tali silaturahmi antar umat beragama. Maka dari itu peringatan HAB Kementerian Agama ke- 67 ini menjadi agenda kita setiap tahun yang dilaksanakan setiap awal tahun dalam satu kali,” katanya.
Zain juga menambahkan peringatan HAB Kementerian Agama ke-67 pada tahun ini, merupakan yang terakhir untuk jabatannya sebagai Bupati Bartim, karena dirinya sudah dua periode untuk memimpin kabupaten hasil pemekaran dengan Barito Selatan ini. “Namun melalui kegiatan ini mari kita jaga rasa persatuan dan kesatuan antar umat beragama sehingga bisa tercipta hubungan yang harmonis,” harapnya.
Sementara itu Kepala MAN Dusun Timur Abdul Kadir ketika ditemui Metro7 disela-sela kegiatan peringatan HAB Ke-67 mengatakan pihaknya sangat berterima kasih ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan HAB ke-67. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bartim berperan besar dalam mendukung dan menunjang pendidikan di daerah ini. “Atas bantuan pemerintah ini kami sangat berterima kasih,” kata Kadir. Metro7Ali/Fauzi