PANDEGLANG, metro7.co.id – Kader-kader Posyandu Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang menggelar Posyandu rutin bulanan untuk lansia, ibu hamil, bayi dan balita, Sabtu (10/6).

Kegiatan Posyandu rutin yang digelar Rutin di Kampung Cipakis RT 2 RW 4 Desa Tanjungjaya sejumlah 25 bayi dan balita itu menggandeng langsung tim dari Puskesmas Kecamatan Panimbang.

Kepala Puskesmas Kecamatan Panimbang Wahyudin melalui Bidan Desa Deti Asha prihatin mengatakan, kegiatan posyandu balita dan ibu hamil ini dilaksanakan setiap awal bulan. Kegiatan tersebut sangat penting untuk agar perkembangan kesehatan warga Desa yang masih balita dan ibu hamil bisa terpantau.

“Kegiatan posyandu balita dan ibu hamil ini merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan, pemberian vitamin dan imunisasi agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak,” jealsnya.

Begitu juga dengan ibu hamil, selain kader-kader Posyandu, juga dibantu tim Puskesmas Kecamatan Panimbang untuk dapat mendeteksi mulai dari sekarang tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.

Masih dikatakan Bidan Deti, kegiatan posyandu rutin tersebut juga bertujuan untuk menurunkankan angka stunting di Desa. Hal ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Desa Tanjungjaya dalam mencegah dan mewujudkan kesehatan bagi ibu dan bayi.

“Harapan kami dari tim Nakes dilakukan posyandu ini agar generasi penerus ini tidak ada yang kekurangan gizi dan terhindar dari stunting. Kalau pun ada yang sakit kami dari pihak desa bisa segera mengetahuinya ” tutupnya.

Selain posyandu balita dan ibu hamil, tim Nakes dan Desa Tanjungjaya juga melaksanakan posyandu lansia, namun jadwal pelaksanaannya terpisah.