CILACAP, metro7.co.id Upacara virtual peringatan HUT ke-76 TNI digelar Kodim 0703 Cilacap di Aula Satya Kartika, Makodim Cilacap, Jawa Tengah. 

 

Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap mengikuti upacara tersebut, Selasa (5/10/2021).

 

Hadir Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Dandim Letkol Inf Andi Afandi, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Sukri Sulumin, Danlanal Cilacap diwakili Mayor Laut Wijaya, Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat, dan Wakil Ketua DPRD Purwati.

 

Dalam tayangan virtual, upacara peringatan HUT ke-76 TNI secara nasional dilaksanakan di halaman Istana Merdeka Jakarta, dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

 

Upacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari memakai masker serta menjaga jarak. 

 

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan terimakasih kepada seluruh prajurit TNI yang telah menjadi penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI.

 

“Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia serta membantu masyarakat dalam menghadapi tantangan lain, mulai dari bencana alam sampai pandemi Covid-19,” kata Presiden.

 

Di Cilacap, usai mengikuti upacara HUT TNI, Bupati Cilacap atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Cilacap serta Forkopimda mengucapkan selamat Hari Jadi ke-76 TNI. 

 

Bupati berharap, ke depan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Cilacap harus kompak, semangat, gotong-royong, serta bersama-sama perang melawan Covid-19, dengan serbuan vaksinasi. 

 

“Targetnya, Pemkab bersama TNI-Polri dan seluruh masyarakat Kabupaten Cilacap, di akhir tahun 2021 dan 2022, Cilacap harus bebas dari Covid-19,” kata Tatto. 

 

Sementara, Dandim menjelaskan bahwa peringatan HUT TNI secara virtual hampir dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk Cilacap yang masih berstatus PPKM Level 3. 

 

Terkait hal itu, Dandim berharap status ini menjadi evaluasi bersama agar ke depan bisa turun ke level 2. 

 

“Hal ini menjadi evaluasi bersama bahwa tugas kita masih panjang. Perjuangan kita tidak hanya berhenti sampai di sini. Dan inilah refleksi TNI di usia yang ke-76 bagaimana TNI harus tetap solid, profesional, dan dicintai rakyat,” kata Dandim. 

 

Tidak ada kata lain, ungkap Dandim, bagaimana mengupayakan akselerasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Cilacap dalam waktu dekat ini, agar bagaimana bisa mengubah status level 3 ke level 2. 

 

“Kita padu bersama, solid, sinergi, dan maju terus untuk Cilacap agar lebih baik dan lebih sehat,” tegasnya.

 

Kapolres Cilacap menambahkan, TNI-Polri dan seluruh masyarakat harus solid, kompak, dan bekerja keras bersama bagaimana meningkatkan akselerasi pelaksanaan vaksinasi, karena menurut Kapolres, di Cilacap tergolong masih sangat rendah pencapaian vaksinasinya.

 

“Kita mengharapkan agar seluruh lapisan masyarakat, Pemkab, TNI-Polri mendorong seluruh masyarakat yang belum vaksin agar mengikuti vaksin. Karena herd immunity di tahun ini harapannya bisa tercapai dan Cilacap bisa bebas dari Covid-19,” tambah Kapolres. ***