CILACAP, metro7.co.id – Menjelang peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, anggota TNI jajaran Kodim 0703 Cilacap melatih petugas pengibar bendera di seluruh Kabupaten Cilacap.

Seperti di Kecamatan Adipala, Cilacap, Jateng, Sabtu (14/8/2021) pagi, anggota Koramil 08 Adipala Pelda Mashud Suminto bersama dua anggota lainnya.

Mereka menjadi instruktur latihan di lapangan SMPN 1 Adipala.

Mashud Suminto menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka persiapan HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kecamatan Adipala, dan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Juga dengan kegiatan upacara nantinya, peserta dibatasi tidak lebih dari 40 orang,” tandanya.

Menurutnya, hal ini sesuai Instruksi Bupati Cilacap tentang Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Rangka HUT Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2021 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam penanganan dan pengendalian Covid-19.

Latihan ini diikuti Sekretaris Kecamatan Adipala Kodirin, tiga anggota Koramil 08 Adipala yakni Pelda Mashud Suminto, Sertu Sugiarto, dan Sertu Purwoko, anggota Polsek Adipala Bripka Gunawan, Kasi Trantibum Kecamatan Adipala Hari Setyadi, dan petugas pengibar bendera.

Terpisah, Danramil 08 Adipala Kapten Inf Kadisan membenarkan keterlibatan anggotanya dalam latihan upacara pengibaran bendera dalam rangka persiapan upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Benar, hal itu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, khususnya di Kecamatan Adipala. Juga telah kita turunkan personel untuk melatih, mulai beberapa hari lalu dan akan dilanjutkan dengan gladi kotor, kemudian gladi bersih yang akan dilaksanakan Senin, 16 Agustus 2021 mendatang,” kata Kadisan.

Direncanakan pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih dengan inspektur upacara Camat Adipala, dan peserta upacara dari dinas I
Instansi Kecamatan Adipala.[]