LOMBOKTIMUR, metro7.co.id – Untuk memudahkan penanganan masalah stanting, masing-masing desa menganggarkan dana untuk pengadaan HP yang akan diberikan kepada Kader KPM Desa. Seperti pada Kamis (24/9/20) Pemerintah Desa Menceh Kecamatan Sakra Timur menyerahkan sebuah HP android untuk memudahkan desa mengetahui dan cepat dalam penanganan stanting.

Memang betul kemarin sudah menyerahkan HP Android kepada satu Kader KPM atas nama Jamilatun Helmiah. Fasilitas HP ini diharapkan bisa memudahkan kader mendata masyarakat yang stanting dan juga penanganannya. “Pendataan melalui HP menggunakan apklikasi khusus yaitu eHDW, dengan begitu masyarakat dengan mudah diketahui mereka stanting atau tidak, ” ucap Sekretaris Desa Menceh Kecamatan Sakra Timur, Muhammad Yasin, S. Pdi, Sabtu (26/9/2020).

Sementara itu Kader Pemberdayaan Masyarakat ( KPM ) Desa Menceh Kecamatan Sakra Timur, Jamilatun Helmiah sangat bersyukur dengan pemberian fasilitas berupa HP yang diberikan oleh Pemdes dan ini sangat membantu dalam menangani masalah stanting di Desa Menceh khususnya.

“Syukur sekali dan ini luar biasa desa memfasilitasi kami, semoga nantinya masyarakat Desa Menceh tercegah dari stanting dan masyarakat tetap sehat,” katanya.

“Bukan hanya data stanting tapi juga data lain karena kalau tidak salah ada 200 tahapan yg harus diselesaikan di aplikasi oleh ketua KPM,” tambah Yasin.***