BELU, metro7.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu melalui Rumah Pintar Pemilu (RPP) memberikan sosialisasi pemilu kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Atambua yang merupakan pemilih pemula dalam Pilkada Serentak 2020.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan politik serta pemahaman mengenai apa hakikat demokrasi dan politik itu sendiri serta nalai-nilai demokrasi yang harus dijunjung tinggi dalam menghasilkan pemimpin daerah yang berkualitas sesuai dengan asas penyelenggara pemilu.

“Sosialisasi pendidikan demokrasi ini dilakukan oleh KPUD Belu melalui Rumah Pintar Pemilu kepada para siswa-siswi SMA Taruna Atambua yang notabenenya adalah pemilih pemula, dengan nara sumber atau pemateri dari Kordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Yoni Arianto Neolaka yang berlangsung di kantor KPUD Kabupaten Belu,” Senin (19/10/2020).

Melalui kegiatan ini, KPUD Kabupaten Belu mendorong pemilih kaum muda atau pemilih milenial untuk tidak golput. Sehingga pada 9 Desember 2020 dapat menggunakan hak suaranya, turut menentukan pemimpin daerah Kabupaten Belu untuk lima tahun kedepan.

“Selain itu melalui kegiatan ini, para siswa dapat mengetahui mekanisme pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan syarat-syarat seorang pemilih,” imbuhnya.