MALAKA, metro 7.co.id – Menjelang peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 75, yang akan dilangsungkan pada Senin tanggal 17 Agustus 2020.  Panitia pelaksanaan HUT RI ke 75 Kabupaten Malaka, melakukan simulasi atau geladi kotor dalam rangka persiapan upacara pengibaran sang saka merah putih selama 2 hari.

Hal ini diungkapkan oleh Kabag Ops Polres Malaka, Kompol Yanuarius Seran ketika diwawancarai oleh awak media seusai memimpin kegiatan simulasi atau geladi kotor menjelang HUT RI ke 75 di panggung upacara lapangan umum Betun-Malaka Kamis kemaren.

Ia menjelaskan bahwa dalam menanti detik-detik kemerdekaan 17 Agustus 2020 yang tersisa 4 hari lagi, dimana dilakukan semua rangkaian kegiatan menjelang upacara peringatan HUT RI, mulai dari latihan atau simulasi upacara proklamasi.

“Juga agenda lain seperti upacara renungan suci atau tabur bunga di Pantai Motadikin pada tanggal 16 malam untuk  mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia, baik darat, laut maupun udara tetap kita lakukan sesuai anjuran protokol kesehatan,” tuturnya.

Diungkapnya, komposisi atau jumlah peserta yang mengikuti upacara HUT RI ke 75 pada tanggal 17 Agustus 2020 sesuai dengan petunjuk dari pusat yakni 30 orang yang terdiri dari kepolisian 10 orang, TNI 10 orang dan Sat pol PP 10.

Sementara untuk paskibraka 3 orang dan cadangan, MC atau protokol 2 orang. lalu pelatih dua orang, pengawal bendera dua orang dan koor lagu kebangsaan 30 orang.

“Sedangkan untuk tamu VIP kita batasi, jadi tidak semua pejabat baik pemda, TNI dan polri hadir. juga untuk peserta upacara baik dari sekolah-sekolah atau masyarakat tidak diberikan undangan. Lalu ada renungan suci atau tabur bunga bagi arwah para pahlawan kemerdekaaan dengan jumlah personil yang sama yakni 30 orang yang terdiri dari TNI Polri dan Sat pol PP,” ucap dia lagi.

Kompol Yance memastikan, selain melaksanakan upacara di ibu kota Kabupaten Malaka, setiap wilayah kecamatan pun turut melaksanakan upacara HUT proklamasi kemerdekaan ke 75 tahun 2020.

“Di masing- masing kecamatan tentunya tetap mengikuti anjuran protokol kesehata,” katanya lagi.

Diakhir penjelasannya Kabag Ops Polres  Malaka ini menghimbau, agar pada tanggal 16 Agustus 2020, semua ASN wajib mengikuti misa peringatan HUT RI ke 75 di Gereja Kamanasa.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Malaka, agar selalu mengikuti kegiatan sosial seperti pembersihan wilayah desa, serta kompleks rumah masing-masing dan juga pemasangan umbul- umbul dan bendera merah putih di depan rumah setiap masyarakat. Juga menjaga ketertiban dan keamaanan di tengah masyarakat pada saat menjelang detik-detik upacara peringatan HUT RI ke 75 tahun 2020. *